Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PPKn FIS UNNES


Farrah Diba Isdhana , 3401404049 (2011) Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PPKn FIS UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PPKn FIS UNNES]
Preview
PDF (Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PPKn FIS UNNES) - Published Version
Download (923kB) | Preview

Abstract

Kehadiran internet telah mengubah sebagian besar cara hidup dan aktivitas manusia sehari-hari. Mahasiswa dapat menggunakan internet sebagai sumber belajar alternatif selain buku untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pola pemanfaatan internet oleh mahasiswa PPKn FIS UNNES, sejauhmanakah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa PPKn FIS UNNES dan faktor apa yang mendukung mahasiswa PPKn FIS UNNES memanfaatkan internet sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di kampus UNNES Sekaran, Gunungpati. Fokus penelitian ini meliputi mahasiswa dalam memanfaatkan internet, sejauhmana mahasiswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar dan faktor yang mendukung mahasiswa dalam menggunakan internet sebagai sumber belajar. Teknik pengumpulan data berupa pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua mahasiswa PPKn FIS UNNES telah mengenal dan menggunakan internet. Setiap mahasiswa memiliki cara yang berbeda dalam menggunakan internet seperti tempat mengakses, lama mengaskses internet, dan juga situs yang diakses oleh mahasiswa. Tempat mengakses internet yang sering digunakan mahasiswa yaitu di warnet, di rumah, dan di lingkungan sekitar kampus. Mahasiswa PPKn FIS UNNES memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, karena dengan internet dapat memudahkan dalam mencari informasi dan tugas mata kuliah. Faktor pendukung pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa antara lain tuntutan dari dosen untuk memenuhi tugas mata kuliah, sumber belajar yang ada di internet lebih lengkap, membantu dalam mendapat referensi mata kuliah, mempermudah untuk mengerjakan tugas, informasi yang ada lebih jelas dan valid, lebih cepat dalam pencarian informasi, sumber pengetahuan lebih lengkap, adanya fasilitas hotspot di kampus, berita yang up to date/baru, biaya lebih murah, mudah diakses, keingintahuan dan kebutuhan. Simpulan dari penelitian ini yaitu mahasiswa PPKn FIS UNNES mempunyai cara sendiri dalam memanfaatkan internet. Tuntutan perkuliahan serta kemudahan mengakses informasi merupakan faktor pendorong responden menggunakan internet sebagai sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, saran yang penulis sampaikan berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu bagi pihak UNNES agar menyediakan layanan internet di perpustakaan PPKn FIS UNNES. Bagi pihak FIS UNNES agar memperluas fasilitas hotspot area di kampus sehingga mahasiswa dapat lebih mudah mengakses internet. Kepada mahasiswa FIS UNNES agar menggunakan fasilitas internet sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internet, Sumber Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2011 00:22
Last Modified: 25 Apr 2015 06:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5821

Actions (login required)

View Item View Item