PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CIKAL WAY (5Cs) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DALAM UPAYA PERSIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK
Fasha Dyah Ayu Aristika, 5301418007 (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CIKAL WAY (5Cs) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DALAM UPAYA PERSIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Dari hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran dasar listrik dan elektronika khususnya pada bab pengukuran daya, energi, dan besaran listrik di SMK Jurusan TITL Se-Kabupaten Jepara, masih terlihat proses pembelajaran selama ini masih belum optimal. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai kognitif ulangan harian di ketiga sekolah tersebut pada bab pengukuran daya,energi, dan besaran listrik di mata pelajaran dasar listrik dan elektronika yang memiliki rata-rata nilai ulangan sebesar 70, karena nilai tersebut belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum dengan nilai ≥ 75 yang ada di ketiga sekolah tersebut maka diperlukan suatu metode pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Dalam pelaksanaan penelitian, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest yang dikombinasikan dengan desain one-shot case study. Dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 19 siswa. Untuk pelaksanaannya yaitu pertama-tama dilakukan pretest pada kelas eksperimen. Kemudian setelah melakukan pretest siswa diberikan pembelajaran dengan metode cikal way(5Cs) yaitu dengan menggunakan media pembelajaran mind mapping dan project bermakna yang pengumpulannya disesuaikan dengan minat/bakat siswa. Setelah itu, siswa juga mengisi angket refleksi dari setiap pembelajaran yang telah dilakukan untuk kebutuhan evaluasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang. Kemudian yang terakhir siswa diberikan soal posttest. Hasil penelitian ini yaitu hasil pengujian menggunakan analisis deskriptif dari kedua data (pretest & posttest) tersebut diketahui hasil nilai rata-rata peserta didik sebesar 49,42% (pretest) dan 80,57% (posttest), sehingga dapat diketahui adanya peningkatan nilai sebelum dilakukannya perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (posttest) kepada peserta didik. Kemudian setelah itu dilakukan uji wilcoxon signed-rank test diperoleh nilai sebesar asymp sig (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05 maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh metode cikal way(5Cs) terhadap hasil belajar kognitif siswa. Saran dari penelitian ini, untuk guru yaitu disamping pembelajaran menggunakan metode konvensional guru juga diharapkan menerapkan metode pembelajaran Cikal Way (5Cs) dalam upaya persiapan implementasi kurikulum merdeka di SMK. Dan saran bagi peneliti selanjutnya, disarankan menggunakan sampel dalam skala yang besar sehingga hasil data yang diharapkan dapat lebih valid
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cikal Way (5Cs), hasil belajar kognitif siswa, kurikulum merdeka |
Subjects: | T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 08 May 2023 02:18 |
Last Modified: | 08 May 2023 02:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58093 |
Actions (login required)
View Item |