Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kompetensi dan Konservasi
Saiful Ridlo, FMIPA P Biologi (2013) Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kompetensi dan Konservasi. Biosaintifika, 5 (2). ISSN 2085-191X
PDF
- Published Version
Download (810kB) |
Abstract
Pembelajaran melibatkan interaksi dosen, mahasiswa, dan sumber belajar. Interaksi antara ketiganya membutuhkan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan strategi pembelajaran biologi di Jurusan Biologi Unnes yang telah berkomitmen mengaplikasikan kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi dengan ciri pendekatan jelajah alam sekitar (JAS). Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Informannya dosen dan mahasiswa yang mengajar dan belajar biologi umum, mikrobiologi, dan taksonomi hewan. Data yang diperoleh berupa deskripsi kegiatan belajar mengajar dan lesson study. Datadata dianalisis kemudian dinarasikan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran biologi dengan pendekatan berpusat pada siswa yang dikhususkan pada kegiatan penjelajahan alam sekitar dapat dilakukan menggunakan strategi yang berbasis pada cara belajar siswa aktif dan kooperatif. Strategi-strategi tersebut adalah pembelajaran kontekstual, pembelajaran partisipatif, dan pembelajaran inkuiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | earning strategies; EAE; Competence; Conservation |
Subjects: | L Education > L Education (General) > interpersonal competence L Education > L Education (General) > learning activity |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 05 May 2023 00:55 |
Last Modified: | 05 May 2023 00:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57980 |
Actions (login required)
View Item |