(ABSTRAK) PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM MEMAHAMI FENOMENA CACAT MATA DI SMP N I WONOSEGORO BOYOLALI


Dedy Hermawan, 4201405028 (2009) (ABSTRAK) PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM MEMAHAMI FENOMENA CACAT MATA DI SMP N I WONOSEGORO BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM MEMAHAMI FENOMENA CACAT MATA  DI SMP N I WONOSEGORO BOYOLALI]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM MEMAHAMI FENOMENA CACAT MATA DI SMP N I WONOSEGORO BOYOLALI) - Published Version
Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami fenomena cacat mata melalui penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonosegoro tahun ajaran 2008/2009. Teknik random sampling digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran dengan multimedia pembelajaran interaktif, sedangkan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol menggunakan pembelajaran dengan media gambar. Fenomena cacat mata dipilih karena pada materi tersebut terdapat konsep-konsep non abstrak dan tidak dapat diamati secara langsung sehingga dibutuhkan media yang dapat memvisualisasikan konsep tersebut. Media yang digunakan merupakan gabungan dari berbagai media, seperti tulisan, gambar, animasi, video dan dikemas dengan software Adobe Flash CS3 sehingga menghasilkan suatu program yang disebut multimedia pembelajaran interaktif. Tes pilihan ganda pada akhir pembelajaran digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Angket uji kelayakan dan tanggapan media digunakan untuk mengetahui kelayakan media. Rata-rata nilai siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran interaktif sebesar 70,64, sedangkan rata-rata nilai siswa yang menggunakan media gambar sebesar 62,30. Peningkatan pemahaman untuk siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran interaktif melalui uji gain sebesar 0,51, sedangkan siswa yang menggunakan media gambar sebesar 0,35. Berdasarkan nilai hasil belajar siswa dan uji gain dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai fenomena cacat mata. Berdasarkan hasil uji kelayakan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan siswa dapat belajar mandiri baik di rumah maupun di sekolah dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Penelitian ini perlu pengembangan lebih lanjut terutama dengan pembenahan dalam hal suara narasi dan penambahan variasi soal evaluasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash CS3, Fenomena Cacat Mata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QC Physics
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2011 04:31
Last Modified: 19 Oct 2011 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5786

Actions (login required)

View Item View Item