Media Pohon Pintar dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Menstimulasi Sikap Ilmiah Siswa
Ellianawati, MIPA P Fisika (2019) Media Pohon Pintar dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Menstimulasi Sikap Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal, 8 (2). ISSN 2252-6935
PDF
- Published Version
Download (363kB) |
Abstract
Rendahnya sikap ilmiah dan penggunaan metode ceramah merupakan masalah utama. Penelitian ini menggunakan metode multimodel kooperatif dengan pohon pintar pada materi pemanasan global untuk mengatasi permasalahn tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan sikap ilmiah siswa, deskripsi peningkatan sikap ilmiah, dan mengetahui respon sikap siswa terhadap multimodel kooperatif dengan media pohon pintar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA & B SMPN 12 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwa Skor N-gain yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,58 dalam kategori sedang, adapun skor untuk kelas kontrol sebesar 0,3 dalam kategori rendah. Dari hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan sikap ilmiah siswa kelas eksperimen yang menggunakan multimodel kooperatif berbantuan media pohon pintar lebih tinggi dibandingkan siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran diskusi dan demonstrasi. Peningkatan sikap ilmiah yang diteliti mencakup lima indikator antara lain sikap rasa ingin tahu, jujur, komunikatif, kerjasama, dan tanggung jawab. Respon siswa pada pembelajaran dengan multimodel kooperatif dengan media pohon pintar dalam kategori baik dengan angka persentase 79%
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperative multimedia, Smart Tree, scientific attitude |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 01 May 2023 02:49 |
Last Modified: | 01 May 2023 02:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57703 |
Actions (login required)
View Item |