Model Problem Based Instruction Pada Perkuliahan Fisika Lingkungan Untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan
Dwi Yulianti, FMIPA P Fisika (2013) Model Problem Based Instruction Pada Perkuliahan Fisika Lingkungan Untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9. pp. 35-42. ISSN 1693-1246
![]() |
PDF
- Published Version
Download (375kB) |
![]() |
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Kepedulian lingkungan adalah salah satu indikator nilai untuk pendidikan budaya dan karakter bangsa yang telah ditentukan oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kepedulian lingkungan dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada mata kuliah Fisika Lingkungan. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan menggunakan pretest- postest experimental design. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur sikap kepedulian lingkungan, lembar observasi untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika lingkungan yang dilaksanakan dengan model problem based instruction dapat meningkatkan sikap kepedulian lingkungan dan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : problem based instruction; environmental awareness attitude; problem-solving ability |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Apr 2023 06:27 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 08:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |