Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel di SMA


Saiful Ridlo, FMIPA P Biologi (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel di SMA. Unnes Science Education Journal, 5 (3). ISSN ISSN 252-6232

[thumbnail of 31 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning.pdf] PDF - Published Version
Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery dengan mind mapping terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada materi sel di SMA. Penelitian ini menggunakan desain Quasi-Eksperimental tipe Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 1 Salatiga berjumlah 192 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampel yang digunakan berjumlah 62 siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kognitif yaitu 82,72 (melampaui KKM aspek kognitif yang ditetapkan yaitu 75). Hasil belajar afektif siswa yang dicapai yaitu 51,61% siswa memperoleh predikat A dan 48,38% siswa berpredikat B (melampaui KKM aspek afektif yang ditetapkan yaitu B). Hasil belajar psikomotor yang dicapai yaitu 4,38% siswa mencapai nilai A, 22,58% siswa mencapai A-, 59,67% siswa mencapai B+, dan 12,90% siswa mencapai B (melampaui KKM aspek afektif yang ditetapkan yaitu B). Ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 93,54%. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discovery dengan mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada materi sel di SMA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, mind mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Apr 2023 02:11
Last Modified: 27 Apr 2023 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57533

Actions (login required)

View Item View Item