Keanekaragaman Jenis Kupu-Kupu di Wana Wisata Penggaron Sebagai Bahan Penyusun Modul Pembelajaran Biologi
Saiful Ridlo, FMIPA P Biologi (2016) Keanekaragaman Jenis Kupu-Kupu di Wana Wisata Penggaron Sebagai Bahan Penyusun Modul Pembelajaran Biologi. Journal of Innovative Science Education, 5 (1). ISSN 2252-6412
PDF
- Published Version
Download (390kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keanekaragaman jenis kupu-kupu di Wana Wisata Penggaron dan memanfaatkan proses dan produk penelitian sebagai sumber belajar siswa. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan prosedur: analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, pengembangan produk, validasi, revisi, uji coba skala kecil, revisi, dan produk final. Hasil penelitian menunjukkan terdapat keanekaragaman jenis kupukupu di Wana Wisata Penggaron dengan 37 jenis kupu-kupu dari 5 famili. Nilai rata-rata validasi, respon guru, dan respon siswa berturut-turut adalah 91.02 (sangat layak), 98.32% (sangat layak), dan 81.44% (sangat layak). Nilai rata-rata hasil belajar kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa berturut-turut adalah 76.75, 82.93%, dan 93.82%. Berdasarkan penilaian validator, guru, siswa dan hasil belajar siswa, modul pembelajaran yang disusun masuk dalam kategori valid dan layak digunakan sebagai bahan belajar biologi untuk Sekolah Menengah Atas Kelas X.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diversity, identification, learning module |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QL Zoology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Apr 2023 02:09 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 02:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57531 |
Actions (login required)
View Item |