Penerapan Investigasi Kelompok Berbantuan Multimedia Materi Identifikasi Bakteri
Saiful Ridlo, FMIPA P Biologi (2013) Penerapan Investigasi Kelompok Berbantuan Multimedia Materi Identifikasi Bakteri. Unnes Journal of Biology Education, 2 (1). ISSN 2252-6579
PDF
- Published Version
Download (411kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah penerapan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi identifikasi bakteri di SMK N 1 Kalibagor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Kalibagor, sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas I A MP dan I ATP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one shot case study, sedangkan analisis data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ≥ 80% siswa aktif dan sangat aktif dalam pembelajaran dan ketuntasan hasil belajar klasikal siswa kelas I AMP dan 1 ATP lebih besar dari pembelajaran sebelumnya yang tidak menerapkan pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi identifikasi bakteri di SMK N 1 Kalibagor Kabupaten Banyumas
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bacteria identification, group investigation, multimedia, vocational school |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Apr 2023 01:56 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 01:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57526 |
Actions (login required)
View Item |