Kemampuan Imajinasi Matematis Tunarungu Pada Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Alat Peraga Multifunction Video


Sugiman, FMIPA Matematika and Antonius Sandi Kurniawan, - (2021) Kemampuan Imajinasi Matematis Tunarungu Pada Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Alat Peraga Multifunction Video. In: Seminar Nasional danTemu Ilmiah Tahunan 2021, Solo.

[thumbnail of Kemampuan Imajinasi Matematis Tunarungu pada Pembelajaran Joyfull Learning.pdf] PDF - Published Version
Download (333kB)

Abstract

Kemampuan imajinasi matematis dibutuhkan siswa tunarungu. Upaya untuk meningkatkan kemampuan imajinasi matematis adalah melalui pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video. Alat peraga multifunction video merupakan alat peraga video pembelajaran yang dilengkapi narasi dan bahasa isyarat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video untuk meningkatkan kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu; (2) mendeskripsikan kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu melalui pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan single subject research design. Subjek primer dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas XI SLB Negeri Grobogan. Metode pengumpulan data meliputi pengamatan, tes, dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video efektif untuk meningkatkan kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu; 2) Kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu melalui pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video memenuhi ketiga aspek dengan kategori baik. Ditandai terpenuhinya aspek imajinasi matematis: a) Scientific Sensitivity; b) Scientific Creativity; c) Scientific Productivity.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Imajinasi matematis; joyfull learning; alat peraga multifunction video; tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General) > learning style
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:52
Last Modified: 13 Apr 2023 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57203

Actions (login required)

View Item View Item