Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri Kelas X dengan Memperhatikan Kecerdasan Emosional Siswa.
Eni Purwati , 4101407045 (2011) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri Kelas X dengan Memperhatikan Kecerdasan Emosional Siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri Kelas X dengan Memperhatikan Kecerdasan Emosional Siswa)
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang dihindari siswa karena dianggap sulit terutama ketika dihadapkan pada soal pemecahan masalah. Selain itu, model pembelajaran yang kurang variatif juga kurang menarik perhatian siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih adalah model pembelajaran kooperatif, di antaranya yaitu tipe CIRC yang erat kaitannya dengan soal pemecahan masalah. Di samping faktor eksternal, hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh faktor internal di antaranya yaitu kecerdasan emosional siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dalam aspek pemecahan masalah pada materi trigonometri dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat mencapai ketuntasan, apakah hasil belajar siswa dalam aspek pemecahan masalah pada materi trigonometri dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik daripada pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangkobar tahun 2010/2011 yang terbagi dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling dan terpilih kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan, baik ketuntasan individual maupun ketuntasan klasikal dan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil perhitungan koefisien determinasi, menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Simpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa dalam aspek pemecahan masalah pada materi trigonometri dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat mencapai ketuntasan, hasil belajar siswa dalam aspek pemecahan masalah pada materi trigonometri dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik daripada pembelajaran konvensional, serta kecerdasan emosional siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Oleh karena itu disarankan bahwa model pembelajaran CIRC dapat digunakan pada pembelajaran materi trigonometri dengan dilengkapi LKPD dan memperbanyak soal diskusi. Adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar, hendaknya guru memastikan suasana yang nyaman bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif, pembelajaran kooperatif tipe CIRC, kecerdasan emosional siswa, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 14 Oct 2011 01:39 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5697 |
Actions (login required)
View Item |