ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR TEMA BERMAIN DI LINGKUNGANKU


Asyifa Melan Utami, 1401418289 (2022) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR TEMA BERMAIN DI LINGKUNGANKU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418289 - Asyifa Melan Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks adalah sumber belajar utama yang disusun untuk pembelajaran berdasarkan standar nasional dan kurikulum yang berlaku. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Buku Siswa Kelas II Tema Bermain di Lingkunganku. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas instrumen penilaian autentik pada Buku Siswa Kelas II Sekolah Dasar Tema Bermain di Lingkunganku. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis instrumen ranah kognitif dilakukan dengan cara menyesuaikan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom. Analisis instrumen ranah afektif dilakukan dengan cara menyesuaikan kriteria penulisan instrumen serta distribusi jenjang ranah afektif taksonomi Bloom. Sedangkan analisis instrumen ranah psikomotor dilakukan dengan cara menyesuaikan kriteria penulisan instrumen serta distribusi jenjang ranah afektif taksonomi Bloom. Sedangkan analisis instrumen ranah psikomotor dilakukan dengan cara menyesuaikan kriteria penulisan instrumen serta distribusi jenjang ranah psikomotor taksonomi Dave. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Kualitas instrumen penilaian hasil belajar ranah kognitif pada Buku Siswa Kelas II SD/MI Tema Bermain di Lingkunganku ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi. Hasil analisis distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom Pada Buku Siswa Kelas II SD/MI Tema Bermain di Lingkunganku tidak merata; (2) Kualitas instrumen penilaian hasil belajar ranah afektif pada Buku Siswa Kelas II SD/MI Tema Bermain di Lingkunganku ditinjau dari kesesuaian format dan kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat rendah. Hasil analisis distribusi jenjang ranah afektif taksonomi Bloom pada Buku Siswa Kelas II SD/MI Tema Bermain di Lingkunganku merata dengan persentase tidak merata; (3) Kualitas instrumen penilaian hasil belajar ranah psikomotor pada Buku Siswa Kelas II SD/MI Tema Bermain di Lingkunganku ditinjau dari kesesuaian format dan kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi kategori sangat rendah. Hasil analisis distribusi jenjang ranah afektif taksonomi Bloom pada Buku Siswa Kelas II SD/MI Tema Bermain di Lingkunganku tidak merata. Simpulan penelitian ini yaitu instrumen penilaian autentik dalam Buku Siswa Kelas II SD/MI Tema Bermain di Lingkunganku memiliki kualitas yang kurang baik. Disarankan bagi guru sebelum melakukan penilaian hendaknya menganalisis instrumen penilaian pada buku ajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis instrumen; buku teks; penilaian autentik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:44
Last Modified: 05 Apr 2023 07:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56912

Actions (login required)

View Item View Item