Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Teknik 5W+1H dengan Media Video Klip Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semaranng


Andita Rima Utami , 2101407158 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Teknik 5W+1H dengan Media Video Klip Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semaranng. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Teknik 5W+1H dengan Media Video Klip Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semaranng]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Teknik 5W+1H dengan Media Video Klip Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semaranng) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang masih kurang. Kurangnya keterampilan siswa dalam menulis cerpen disebabkan oleh tiga faktor, yaitu faktor guru, faktor siswa, dan faktor lingkungan. Dari berbagai macam permasalahan yang ada yang perlu segera diatasi yaitu kekurangmampuan siswa dalam menentukan ide untuk mengawali cerita dan kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran menulis cerpen. Salah satu alternatif untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut yaitu dengan menggunakan teknik 5W+1H, teknik ini akan mempermudah siswa untuk mengembangkan ide dan arah tulisan ke dalam sebuah cerpen yang baik. Penggunaan teknik 5W+1H didukung dengan media audio visual yang berupa video klip agar siswa termotivasi dan tidak bosan dengan pembelajaran menulis, selain itu juga dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi siswa dalam mengungkapkan ide-ide untuk menulis cerpen. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengkaji dua masalah yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen melalui teknik 5W+1H dengan media video klip, dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen melalui teknik 5W+1H dengan media video klip. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang melalui teknik 5W+1H dengan media video klip, dan (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Bergas setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen melalui teknik 5W+1H dengan media video klip. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I, dan siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang yang berjumlah 34 siswa. Variabel penelitian dibagi menjadi dua yaitu variabel keterampilan menulis cerpen dan variabel penggunaan teknik 5W+1H dengan media video klip dalam pembelajaran menulis cerpen. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan instrumen nontes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang melalui teknik 5W+1H dengan media video klip. Nilai rata-rata kelas pada siklus I 67,35 dengan kategori cukup. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,11 dengan peningkatan sebesar 11,76 dan termasuk kategori baik. Setelah siswa menggunakan teknik 5W+1H dengan media video klip untuk menulis cerpen terjadi perubahan perilaku siswa. Siswa yang sebelumnya merasa kurang antusias terhadap pembelajaran menulis cerpen menjadi antusias, senang, dan tertarik setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar pembelajaran melalui teknik 5W+1H dengan media video klip dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk mengajar materi menulis cerpen. Jika guru lebih memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, maka penggunaan teknik 5W+1H dan media video klip dalam pembelajaran menulis cerpen akan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis Cerpen,Teknik 5W+1H, Media Video Klip
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Oct 2011 01:00
Last Modified: 25 Apr 2015 06:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5682

Actions (login required)

View Item View Item