SEKOLAH INKLUSI DI TANGERANG SELATAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU
RISDA YANTI, 5112417016 (2022) SEKOLAH INKLUSI DI TANGERANG SELATAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah Inklusi merupakan sarana Pendidikan bagi seluruh anak tanpa memandang kekurangan yang dimiliki. Sekolah Inklusi bertujuan untuk mengembangkan potensi, minat, serta bakat siswanya. Selain itu, Sekolah Inklusi juga menjadi sarana terapi bagi siswa berkebutuhan khusus agar mampu menjalani kehidupan layaknya anak normal. Minimnya fasilitas Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Tangerang Selatan melatarbelakangi perencanaan ini dibuat. Lokasi perencanaan terletak di Jl. HR Rasuna Said, Kel. Parigi, Kec. Pondok Aren dengan luas tapak ±9.034 m2 . Perencanaan ini berisikan kajian terkait anak usia Sekolah Dasar (6-12 tahun) khususnya Anak Berkebutuhan Khusus, kajian Arsitektur Perilaku untuk bangunan Sekolah Inklusi tingkat dasar (SD), serta tinjauan Kota Tangerang Selatan. Untuk mendukung perkembangan anak-anak, Sekolah Inklusi ini menggunakan warna-warna yang cerah dan menenangkan, serta menghadirkan nuansa alam untuk membantu tumbuh kembang anak. Pendekatan Arsitektur Perilaku diterapkan untuk memastikan Sekolah Inklusi yang dirancang sesuai dengan karakter anak-anak khususnya ABK. Dalam proses selanjutnya, aspek�aspek perencanaan dan perancangan yang telah dikaji dapat dijadikan sebagai pedoman perancangan Sekolah Inklusi di Tangerang Selatan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Inklusi, Sekolah Dasar, Anak Berkebutuhan Khusus, Arsitektur Perilaku |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 02:33 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 02:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56715 |
Actions (login required)
View Item |