ANALISIS JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Dwi Septiana Nurhidayah, 1401417067 (2022) ANALISIS JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran yang didominasi oleh guru membuat peserta didik menjadi pasif dan kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran sehingga dapat menyebabkan rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Dalam proses pembelajaran apabila keterampilan berpikir kritis peserta didik tinggi maka hasil belajar pada peserta didik juga akan mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kepustakaan (library research). Sumber data penelitian yang digunakan berupa literatur yang berasal dari jurnal-jurnal ilmiah hasil penelitian terdahulu tahun 2017 sampai 2021. Analisis yang digunakan dalam penelitian ialah analisis isi. Analisis isi dilakukan pada sejumlah jurnal yang diperoleh dari Google Scholar dan SINTA. Terdapat empat puluh empat jurnal penelitian yang telah di-review, hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa jenis metode penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen, PTK, Studi Literatur dan Meta Analisis. Hasil penelitian eksperimen menunjukkan bahwa nilai rata-rata keteranpilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil penelitian dengan metode PTK menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Penelitian menggunakan metode studi literatur memperoleh hasil penerapan model pembelajaran inkuiri dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan metode meta analisis menunjukkan bahwa persentase peningkatan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada menggunakan model pembelajaran lain. Secara keseluruhan model pembelajaran inkuiri berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Saran ditujukan kepada guru sekolah dasar untuk menggunakan model pembelajaran inkuiri agar proses pembelajaran lebih berpusat pada peserta didik sehingga terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Kepala sekolah disarankan untuk memfasilitasi guru melalui kegiatan pelatihan atau seminar untuk meningkatkan kemampuan dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 01:32 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 01:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56708 |
Actions (login required)
View Item |