Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Teknik Reportase melalui Model Student Facilitator and Explaining pada Siswa Kelas VIII E SMP N 3 Kajen


Dhita Setyana , 2101407134 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Teknik Reportase melalui Model Student Facilitator and Explaining pada Siswa Kelas VIII E SMP N 3 Kajen. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Teknik Reportase melalui Model Student Facilitator and Explaining pada Siswa Kelas VIII E SMP N 3 Kajen]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Teknik Reportase melalui Model Student Facilitator and Explaining pada Siswa Kelas VIII E SMP N 3 Kajen) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan ditemukan keterampilan menulis teks berita yang masih rendah. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam menulis teks berita hanya 61,75, hanya 12 (37,5%) siswa saja yang mampu mencapai KKM, yaitu dengan nilai ≥70. Adapun keberhasilan klasikal adalah 75% dari seluruh siswa harus mencapai nilai ≥70. Dengan demikian kelas VIII E SMP N 3 Kajen belum mencapai batas minimum yang ditentukan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Upaya yang dilakukan peneliti adalah meningkatkan keterampilan menulis teks berita dengan teknik reportase melalui model student facilitator and explaining. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII E SMP N 3 Kajen, Kabupaten Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan teknik reportase melalui model student facilitator and explaining, 2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIII E SMP N 3 Kajen, Kabupaten Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan teknik reportase melalui model student facilitator and explaining, 3) bagaimanakah tanggapan siswa kelas VIII E SMP N 3 Kajen, Kabupaten Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan teknik reportase melalui model student facilitator and explaining. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian adalah keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII E SMP N 3 Kajen, Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 32 siswa. Variabel yang diungkapkan dalam penelitian adalah keterampilan menulis teks berita dengan teknik reportase melalui model student facilitator and explaining. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes dalam bentuk observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII E SMP N 3 Kajen, Kabupaten Pekalongan. Persentase ketercapaian KKM siswa dalam menulis teks berita pada prasiklus mencapai 37,5% dan masih kurang dari batas ketuntas minimal yang ditetapkan, yaitu sebesar 75%. Persentase ketercapaian KKM pada siklus I mencapai 65,63%. Hal ini juga masih kurang dari batas ketuntasan minimal yang ditentukan. Pada siklus II persentase ketercapaian KKM mencapai 87,50% dan sudah mencapai batas ketuntasan yang ditentukan. Selain itu, perilaku siswa dan tanggapan siswa setelah tindakan siklus I dan II juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan positif. Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis teks berita dan mengatasi masalah-masalah yang dialami siswa. Adapun saran dari peneliti, yaitu 1) bagi guru bahasa Indonesia, sebaiknya menggunakan teknik reportase melalui model student facilitator and explaining dalam pembelajaran menulis teks berita. Selain itu, jika guru menggunakan teknik reportase hendaknya mempersiapkan objek reportase yang menarik dengan permasalahan yang lebih kompleks, 2) bagi siswa, sebaiknya lebih aktif lagi dalam diskusi dan tidak perlu malu atau takut untuk mengembangkan materi dan menyampaikan gagasan mereka kepada teman yang lain. Selain itu, siswa hendaknya lebih jeli lagi dalam menentukan dan mencari peristiswa, kejadian, permasalahan, dll. sebagai objek reportase mereka agar memudahkan siswa dalam mencari fakta-fakta bahan pemberitaan, dan 3) bagi peneliti, sebaiknya ada penelitian pengembangan tentang menulis teks berita dengan teknik reportase melalui model student facilitator and explaining.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teks berita, teknik reportase, dan model student facilitator and explaining
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2011 06:33
Last Modified: 25 Apr 2015 06:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5644

Actions (login required)

View Item View Item