PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATERI KEBUGARAN JASMANI BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
ARIE ISMAWANDANU, 6102416077 (2021) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATERI KEBUGARAN JASMANI BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran materi kebugaran jasmani di sekolah dasar masih memiliki berbagai kendala, di antaranya adalah keterbatasan sarana dan prasarana, mahalnya alat pembelajaran pendidikan jasmani, dan alat yang tersedia masih berpotensi membuat cedera pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran materi kebugaran jasmani bagi siswa kelas IV sekolah dasar beserta alat yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research-based development) dengan tahapan-tahapan pengembangan meliputi: (1) mengidentifikasi potensi dan masalah, (2) desain produk, (3) validasi desain, (4) revisi desain, (5) uji coba produk skala kecil, (6) revisi produk, (7) uji coba produk skala besar, (8) revisi produk, dan (9) produk final. Subjek yang terlibat pada tahapan validasi desain adalah satu ahli pendidikan jasmani dan dua ahli pembelajaran. Pada tahapan uji coba skala kecil, peneliti melibatkan 20 siswa kelas IV SD N Tabet dan SD N Peron, sedangkan pada tahap uji coba skala besar, peneliti melibatkan 50 siswa dari kedua sekolah tersebut. Hasil dari validasi produk awal penelitian didapatkan rata-rata nilai 93,89% (sangat baik), dengan beberapa revisi seperti penerapan konsep tiga aspek kebugaran dengan empat item alat, yang dalam penerapannya menyesuaikan dengan kondisi lapangan tempat pelaksanaan pembelajaran. Hasil uji coba skala kecil diperoleh rata-rata nilai 83% (sangat baik), dengan revisi ahli menerapkan konsep dua aspek kebugaran dengan tiga item alat. Sedangkan hasil uji coba skala besar diberoleh rata-rata nilai 87% (sangat baik). Berdasarkan analisis hasil penelitian yang telah dilakukan, produk alat kebugaran jasmani dapat digunakan dalam pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani di sekolah dasar. Saran bagi guru penjasorkes diharapkan dapat melakukan inovasi pembelajaran sesuai kebutuhan. Selain itu, dalam pengembangan alat yang digunakan dapat disesuaikan dengan keterjangkauan atau ketersediaan bahan masing-masing sekolah, serta pembelajaran di masa pandemi covid-19 harus selalu menerapkan protokol kesehatan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Materi Pembelajaran, Pengembangan Alat, Kebugaran Jasmani, Pendidikan Jasmani. |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 04:07 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 04:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56208 |
Actions (login required)
View Item |