MODEL DETERMINAN MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY GOPAY DENGAN VARIABEL KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Reza Febriana, 7101416262 (2021) MODEL DETERMINAN MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY GOPAY DENGAN VARIABEL KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416262 - Reza Febriana vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Uang elektronik merupakan salah satu financial technology atau alat pembayaran dalam bentuk digital yang bisa diakses dengan aplikasi yang diunduh melalui perangkat digital yang dimiliki oleh pengguna seperti smartphone. Perkembangan alat pembayaran nontunai (non cash) saat ini membuat Gopay menjadi sebagai salah satu aplikasi digital wallet harus memperhatikan minat konsumen dalam menggunakan e-money. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Model Determinan Minat Menggunakan E-Money Gopay dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES angkatan 2017 yang terdiri dari tiga program studi yaitu Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Koperasi dan Pendidikan Administrasi Perkantoran berjumlah 258. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 157 mahasiswa. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, path analysis, dan sobel test. Analisis desksriptif menunjukkan bahwa pengalaman pengguna pada kategori berpengaruh, persepsi kemudahan penggunaan pada kategori mudah, dan persepsi kemanfaatan pada kategori bermanfaat serta minat menggunakan e�money Gopay dan kepercayaan dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pengaruh pengalaman penggunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kemanfaatan positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-money gopay. Pengalaman penggunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kemanfaatan positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Pengalaman penggunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kemanfaatan positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e�money gopay melalui kepercayaan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa kepercayaan mampu memediasi pengalaman pengguna, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kemanfaatan terhadap minat menggunakan e-money gopay. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah menambah wawasan mengenai uang elektronik lain selain gopay, mengupgrade aplikasi lalu mempelajari fitur baru yang disediakan, dan mencoba sesekali menggunakan produk e-money atau mem

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Penggunaan E-Money, Pengalaman Penggunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Kepercayaa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:36
Last Modified: 09 Feb 2023 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56170

Actions (login required)

View Item View Item