PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA SMA


Fadhillah Dyah Ekawati, 4401415050 (2022) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401415050 - Fadhilla Dyah Ekawati vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat menuntut pendidik untuk terus memperbaharui pengetahuan dan keterampilan mereka dalam penyampaian proses pembelajaran. Komik Digital Pencemaran Lingkungan menjadi salah satu pengembangkan media pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik dengan memadukan antara unsur visual dan digital dan dapat digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu mengenai bagaimana kelayakan Komik Digital Pencemaran Lingkungan sebagai media pembelajaran materi pencemaran kelas X MIPA. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kelayakan Komik Digital sebagai media pembelajaran dan menganalisis pemahaman siswa dalam penggunaan Komik Digital Pencemaran Lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development dengan menggunakan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain prototype, validasi, revisi prototype, uji coba skala kecil, dan prototype. Uji coba skala kecil dilakukan di SMA N 10 Semarang kelas X MIPA. Sampel yang digunakan yaitu menggunakan teknik sampling purposive berjumlah 30 siswa dari kelas X MIPA. Data yang yang dikumpulkan berupa (1) Kelayakan produk yang diukur dengan validasi ahli materi dan ahli media (2) Tanggapan pengguna yaitu Guru dan Siswa yang diukur menggunakan angket (3) Tingkat pemahaman siswa ketika pembelajaran menggunakan Komik Digital Pencemaran Lingkungan dengan menggunakan soal pilihan ganda. Metode analisis data menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Hasil validasi ahli media sebesar 75% (layak) dan ahli materi sebesar 87% (sangat layak); (2) Hasil tanggapan guru sebesar 92% (sangat layak), hasil tanggapan siswa sebesar 92 % (sangat baik) dan; (3) Tingkat pemahaman siswa terhadap Komik Digital Pencemaran Lingkungan memiliki hasil sebesar 83.33 (sangat paham). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Komik Digital Pencemaran Lingkungan layak dan dapat digunakan dalam uji coba skala besar untuk mengetahui tingkat efektivitasnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Era Digital, Pencemaran Lingkungan, Komik Digital, Materi Berbasis Faktual
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:25
Last Modified: 08 Feb 2023 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56152

Actions (login required)

View Item View Item