PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI SMA NEGERI 3 WONOGIR
Chandra Lungit Putra Patria, 3301418044 (2022) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI SMA NEGERI 3 WONOGIR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang dapat membentuk karakter manusia, dalam prosesnya pendidikan dapat dilaksanakan pada lingkungan keluarga, masyarakat, serta sekolah. Mengenai pelaksanaan di sekolah penanaman karakter dapat dilakukan secara terpadu melalui pembelajaran di kelas maupun kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter tanggung jawab di SMA Negeri 3 Wonogiri, (2) mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter tanggung jawab di SMA Negeri 3 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter tanggung jawab di SMA Negeri 3 Wonogiri di dalam kegiatan pembelajaran meliputi: pembiasaan setiap akan masuk kelas guru menyuruh siswa melaksanakan tugas piket kelas, guru menasehati siswa untuk menggunakan waktu secara efektif di kelas, guru memberikan penghargaan berupa nilai tambahan untuk siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu, guru menasehati siswa untuk mengakui kesalahannya. Pelaksanaan pendidikan karakter tanggung jawab di luar kegiatan pembelajaran meliputi: Pihak sekolah membiasakan siswa berpakaian tertib dan lengkap, pihak sekolah menasehati siswa untuk mengikuti kegiatan upacara bendera dan menjaga fasilitas umum, serta pihak sekolah memberikan hukuman berupa 4 point DPS kepada siswa yang tidak bersikap sopan santun di sekolah. Kendala dari faktor intern adalah pihak sekolah, pendidik, siswa yang kurang memahami dan menyadari pendidikan karakter tanggung jawab. Kendala dari faktor ekstern adalah lingkungan keluarga siswa yang berbeda-beda dan kurang mendidik karakter tanggunggjawab secara maksimal, pergaulan siswa, dan sosial media yang kurang mendidik karakter tanggung jawab. Saran, sebaiknya guru melakukan perbaikan dalam menyusun RPP, serta sebaiknya guru memasukkan indikator karakter tanggung jawab dalam RPP baik dalam tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, maupun penilaian agar pembentukan karakter tanggung jawab lebih terarah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Sri Wahyuningsih |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 01:17 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 01:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56109 |
Actions (login required)
View Item |