PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), KECERDASAN EMOSIONAL, DAN EKSPEKTASI KARIER TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII OTKP SMK TEUKU UMAR SEMARANG
Dian Ramadhani, 7101418234 (2022) PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), KECERDASAN EMOSIONAL, DAN EKSPEKTASI KARIER TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII OTKP SMK TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kesiapan kerja siswa berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa 55% siswa belum bekerja. Kesiapan kerja adalah modal seseorang baik dari segi mental ataupun fisik dalam melakukan suatu kegiatan untuk mendapatkan kepuasan (penghasilan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji variabel independen yaitu prakerin, kecerdasan emosional dan ekspektasi karier terhadap variabel dependen yaitu kesiapan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII OTKP SMK Teuku Umar Semarang yang berjumlah 34 siswa. Sampel penelitian berjumlah 34 siswa yang ditentukan dengan teknik pengambilan Nonprobability Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Metode analisis yang digunakan adalah SPSS (Statistical Product and Service Solution) 25. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikansi secara simultan variabel prakerin (X1), variabel kecerdasan emosional (X2) dan variabel ekspektasi karier (X3) terhadap kesiapan kerja (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi simultan (R 2 ) sebesar 0,96 atau 96%. Hasil penelitian menunjukkan model penelitian telah memenuhi validitas dan reliabilitas melalui bantuan SPSS 25 sehingga model dinyatakan layak. Adapun hasilnya adalah prakerin (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 27,8%, kecerdasan emosional (X2) berpengaruh positif dan signifikan sebesar 17,1%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan prakerin terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII di SMK Teuku Umar Semarang dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Koefisien determinasi parsial (r 2 ) sebesar (0,614) ² x 100% = 37,6996%. Kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII OTKP SMK Teuku Umar Semarang dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai Koefisien determinasi parsial (r 2 ) sebesar (0,549) ² x 100% = 30,1401%. Ekspektasi karier memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII OTKP SMK Teuku Umar Semarang dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai Koefisien determinasi parsial (r 2 ) sebesar (0,504) ² x 100% = 26,3169%. Simpulan dari penelitian ini adalah hipotesis 1, 2, 3 dan 4 diterima semua. Saran dari peneliti adalah guru membantu siswa dalam meningkatkan kecerdasan emosional dengan memberikan bimbingan dan motivasi dan memahami karakter siswa, selain itu siswa juga hendaknya mampu mengenali ekspektasi karier ketika memilih sekolah, sehingga akan tumbuh kemauan untuk meningkatkan kemampuan dan potensi selama belajar di sekolah. Sehingga bekal yang didapatkan akan mampu meningkatkan kesiapan ketika memasuki dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prakerin, Kecerdasan Emosional, Ekspektasi Karier, Kesiapan Kerja. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 03:59 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 03:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56079 |
Actions (login required)
View Item |