PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, DAN EKSPEKTASI KARIR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN S2 MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018


Cindy Safitri, 7101418221 (2022) PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, DAN EKSPEKTASI KARIR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN S2 MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418221 - Cindy Safitri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Minat merupakan suatu keinginan atau ketertarikan dari dalam diri seseorang terhadap suatu hal. Minat timbul karena adannya ketertarikan terhadap suatu hal yang akan menimbulkan rasa keingintahuan yang tinggi dalam diri seseorang untuk mencapai hal tersebut. Berdasarkan data obeservasi awal mengenai minat melanjutkan S2 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang diketahui permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendapatan orang tua, motivasi belajar, dan ekspekasi karirterhadap minat melanjutkan studi S2 pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri semarang. Populasi penelitian ini adalah 350 mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNNES angkatan 2018 yang terdiri dari tiga program studi yaitu Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Adm Perkantoran, dan Pendidikan Koperasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling dan proportional random sampling dengan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 187 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis statistik. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut : Y = 43,098 + 1,065 X1 + 0,238 X2 + 0,355 X3+ e. hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh simultan variabel pendapatan orang tua, motivasi belajar, dan ekspektasi karir terhadap minat melanjutkan S2 sebesar 13,4%. Variabel dengan pengaruh terbesar terhadap minat melanjutkan S2 yaitu variabel motivasi belajar dengan pengaruh sebesar 45,7%. Variabel pendapatan orang tua 42,0%, dan variabel ekspektasi karir sebesar 37,2%. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan tetap meningkatkan minatnya untuk studi S2 dengan memperbanyak wawasan serta senantiasa aktif untuk mencari informasi mengenai beasiswa studi S2. Mahasiswa juga disarankan untuk meningkatkan hubungan yang baik dan harmonis baik di lingkungan keluarga,kampus maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Orang Tua, Motivasi Belajar,Ekspektasi Karir, Minat Melanjutkan Studi Strata Dua (S2).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:10
Last Modified: 07 Feb 2023 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56069

Actions (login required)

View Item View Item