ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI HIDROLISIS


Audith Sulthan Ontowijoyo, 4301418086 (2022) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI HIDROLISIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418086 - Audith Sulthan Ontowijoyo vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi di SMA Negeri 15 Semarang menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing dengan metode ceramah interaktif terlaksana dengan baik. Namun dalam aspek keterampilan berpikir kritis belum terlihat, hal ini dikarenakan kondisi pandemi yang menyebakan pembelajaran tidak terlaksana secara maksimal. Keterlibatan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran juga masih kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik belum terlihat, sehingga diperlukan pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu melalui problem based learning berpendekatan flipped classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran melalui problem based learning berpendekatan flipped classroom dan mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dan desain penelitian adalah sequential explanatory design. Instrumen yang digunakan adalah soal post test keterampilan berpikir kritis, lembar observasi, angket respon peserta didik, dan wawancara. Penerapan pembelajaran melalui problem based learning berpendekatan flipped classroom dapat melatihkan dan menumbuhkan keterampilan berpikir kritis. Hasil analisis menggunakan lembar observasi menunjukan rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 83,33% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil rata-rata keterampilan berpikir kritis diukur melalui post test sebesar 81,14%. Indikator yang paling menonjol diukur melalui lembar observasi adalah indikator menentukan tindakan dan indikator paling rendah adalah indikator berinteraksi dengan orang lain. Indikator yang mendominasi yang diukur melalui post test adalah indikator memfokuskan pertanyaan dan indikator paling rendah adalah indikator menentukan suatu tindakan. Hasil analisis angket respon peserta didik menunjukan reliabe

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Flipped Classroom
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:50
Last Modified: 07 Feb 2023 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56058

Actions (login required)

View Item View Item