PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA LARUTAN BERPENDEKATAN ETNOSAINS PADA PEMBUATAN BATIK TRUSMI CIREBON UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK
Iin Inayatul Maula, 4301418012 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA LARUTAN BERPENDEKATAN ETNOSAINS PADA PEMBUATAN BATIK TRUSMI CIREBON UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, keefektifan, serta respon guru dan peserta didik terhadap media e-modul kimia larutan berpendekatan etnosains pada pembuatan batik trusmi Cirebon. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4-D termodifikasi yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X TKR dan X TKJ 1 SMK Salafiyah Darurrohmah. Hasil uji validasi ahli diperoleh rata-rata ahli media dan materi sebesar 91,6 % dan 91,7%, lembar kepraktisan peserta didik sebesar 85%, sehingga dapat disimpulkan e-modul layak digunakan. Hasil efektivitas terlihat dari peningkatan nilai n-gain pada skala besar dan skala kecil berturut-turut sebesar 6.0 dan 0,62 dengan kriteria sedang dengan kategori efektif dalam pembelajaran, memiliki ketuntasan klasikal sebesar 96% serta rata-rata respon guru dan peserta didik terhadap e-modul sebesar 95% dan 84%. Dapat disimpulkan bahwa e-modul kimia berpendekatan etnosains dalam pembuatan batik Trusmi Cirebon untuk meningkatkan berpikir kreatif peserta didik mendapat respon positif dan layak untuk digunakan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, etnosains, batik, berpikir kreatif. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 01:46 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 01:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56023 |
Actions (login required)
View Item |