DESAIN LKPD BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF
Diana Fitriyah, 4301418003 (2022) DESAIN LKPD BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perubahan zaman membuat seseorang harus lebih siap akan tantangannya, maka pendidikan diharapkan mampu membuat manusia menjadi seseorang yang siap merespon tantangan zaman. Inovasi dalam sebuah pendidikan sangat diperlukan. Peserta didik memiliki sembilan kecerdasan dengan tingkat dan kemampuan yang berbeda-beda. Kecerdasan ini dapat dimanfaatkan peserta didik untuk memecahkan masalah dalam hidup mereka. Peserta didik dengan kecerdasan intrapersonal tinggi akan sangat menyadari metakognisi dan dapat mengenali kemampuan mereka yang akan mempengaruhi masa depan. Hasil observasi di salah satu SMA Negeri di Cirebon menunjukkan bahwa pembelajaran berlangsung cenderung kontekstual dan peserta didik belum semuanya mengembangkan kecerdasan intrapersonal dalam pembelajaran. Salah satu indikator kecerdasan intrapersonal yaitu metakognisi terdapat sub bab indikator antusias pada proses pemecahan masalah hanya 10% dari jumlah peserta didik dalam satu kelas yang mengumpulkan tugas secara tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Multiple Intelligence, mengetahui karakteristik desain LKPD, mengetahui kelayakan dan keefektifan LKPD yang dikembangkan. LKPD yang dikembangkan digunakan untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Larutan Penyangga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain 3D (Define, Design, and Development). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Plumbon, Kabupaten Cirebon. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan lembar observasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan uji efektivitas LKPD. Berdasarkan uji validitas oleh 3 validator didapatkan persentase rata-rata sebesar 83,96%, maka dapat dinyatakan LKPD memenuhi valid dan LKPD sangat layak digunakan.Uji efektivitas LKPD berdasarkan hasil lembar observasi kecerdasan intrapersonal peserta didik selama pembelajaran menggunakan dan nilai pretest-posttest peserta didik. Hasil observasi kecerdasan intrapersonal peserta didik berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 77,80%. Hasil belajar kognitif peserta didik dari nilai pretest dan posttest kemudian dihitung dengan n-gain untuk mengetahui peningkatan. Hasil n-gain sebesar 0,376, berarti peningkatan hasil belajar kognitif berada pada kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis multiple inteligence sangat layak digunakan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD; Multiple Intelligence; Kecerdasan Intrapersonal; Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 01:34 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 01:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56017 |
Actions (login required)
View Item |