PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT VISUAL BASIC FOR APPLICATIONS PADA MATERI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Agus Naim, 4301417075 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT VISUAL BASIC FOR APPLICATIONS PADA MATERI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417075 - Agus Naim vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui karakteristik media interaktif PowerPoint VBA 2) Menganalisis kelayakan media interaktif berbasis PowerPoint VBA sebagai media pembelajaran, 3) Menganalisis efektivitas media interaktif berbasis PowerPoint VBA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, 4) Mengetahui respon peserta didik maupun guru terkait media interaktif berbasis PowerPoint. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research & Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar skala validasi dan pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, deskriptif kuantitatif untuk mengolah data dalam bentuk skor dari penilaian oleh validator dan respon peserta didik dan guru, sedangkan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data. Berdasarkan hasil validasi terhadap pengembangan media diperoleh; (1) Karakteristik media interaktif berbasis PowerPoint VBA memiliki karakteristik yaitu memuat poin-poin pembahasan, desain yang menarik (penggunaan tekt yang jelas, pemilihan warna yang tidak terlalu keras dan terjaga kontrasnya, serta kerapian penyajiannya) (2) Kelayakan media pada aspek materi mendapatkan persentase 85% dengan skor rata-rata 3,4 dan pada aspek media mendapatkan skor 86% dengan skor rata-rata 3,4. Produk media masuk dalam kategori “sangat layak”, (3) efektivitas media interaktif mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dari kategori “rendah” menjadi “sedang” serta persentase ketuntasan belajar mencapai 96% dan hasil Uji Average Normalized Gain mendapatkan indeks gain sebesar 0,80 sehingga mencapai kategori Tinggi; (4) Respon peserta didik mencapai persentase 79,7% dengan kriteria “sangat menarik” sedang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif; PowerPoint;Redoks; Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:32
Last Modified: 07 Feb 2023 01:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56014

Actions (login required)

View Item View Item