PEMBELAJARAN ALAT MUSIK SEDERHANA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI REAL PIANO DI SMPN 20 SEMARANG


Ratna Pratiwi, 2501418016 (2022) PEMBELAJARAN ALAT MUSIK SEDERHANA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI REAL PIANO DI SMPN 20 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501418016 - Ratna Pratiwi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa sekolah harus siap dengan kondisi penerapan new normal yang mengacu pada pola pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah karena adanya proses pembelajaran tatap muka (PTM) akan dilakukan seperti biasa di sekolah-sekolah. Oleh karena itu guru seni budaya di SMPN 20 Semarang menggunakan aplikasi berbasis android untuk membantu dalam menyampaikan materi khususnya materi memainkan alat musik sederhana pada pelajaran seni musik. Pembelajaran berbasis android yang digunakan di SMP Negeri 20 Semarang khususnya di kelas VII E menggunakan aplikasi Real Piano. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dan apa saja metode yang digunakan dari pembelajaran berbasis android pada siswa kelas VII E SMP Negeri 20 Semarang yang terdiri dari 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Kemudian untuk teknik keabsahan data peneliti menggunakan Triangulasi data. Hasil yang di peroleh dari penilitian ini yakni dengan memanfaatkan aplikasi real piano peserta didik mampu mengenal nada, kemudian mampu memahami notasi mutlak dan notasi angka serta mampu menyanyikan lagu dengan satu suara dan mampu memainkan musik melodis menggunakan aplikasi real piano melalui pembelajaran musik berbasis android. Hal tersebut karena fitur dan penggunaan aplikasi real piano yang mudah, sehingga siswa dapat terbantu dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Proses pembelajaran seni musik di SMP N 20 Semarang memanfaatkan teknologi berbasis android dengan menggunakan aplikasi real piano sebagai media pembelajarannya; 2) Metode pembelajaran yang digunakan yakni dengan metode demonstrasi dan metode tutor sebaya, penggunaan kedua metode tersebut karena lebih tepat ditetapkan dalam proses pembelajaran seni musik; 3) Kendala yang di alami yakni kurangnya pemahanan siswa dalam pemanfaatan media aplikasi berbasis android, sehingga guru memberikan solusi dengn cara mendorong dan memotivasi untuk lebih banyak belajar terutama dalam memafaatkan teknologi yang ada. Saran yang ingin diajukan peneliti berdasarkan dari hasil penelitian adalah: 1) Siswa lebih serius dan kondusif saat pembelajaran seni musik berlangsung. 2) Untuk sekolah, diharapkan sekolah mengadakan penyuluhan tehadap seluruh pendidik terkait penggunaan metode pembelajaran berbasis android.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pembelajaran musik, Berbasis android, Real Piano
Subjects: L Education > Educational Institutions
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:51
Last Modified: 06 Feb 2023 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55961

Actions (login required)

View Item View Item