STRATEGI PELATIHAN VOKAL DI STUDIO MUSIK 99 UNGARAN PADA MASA PANDEMI
Yanuar Putut Wirawan, 2501417150 (2022) STRATEGI PELATIHAN VOKAL DI STUDIO MUSIK 99 UNGARAN PADA MASA PANDEMI. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Strategi Pelatihan Vokal di Studio Musik 99 Ungaran pada Masa Pandemi. Kursus Musik 99 Ungaran mempunyai peran yang yang penting terutama dalam proses perkembangan musik di kota Ungaran, khususnya untuk pengenalan musik bagi para pelajar di kota Ungaran, dapat dilihat peran positif yang dihasilkan oleh kursus musik 99 Ungaran yaitu salah satunya adalah sebagai media untuk perkembagan kreatifitas peserta didik khususnya dalam bidang voka Keunggulan di Studi Musik 99 ungaran bila di bandingan dengan studi musik bila di bandingkan dengan Studi Musik lain yang ada di Ungaran jelas berbeda karena menurut peneliti secara fasilitas di Studio Musik 99 Ungaran lebih baik dari segi fasilitas, keunggulan metode pembelejaran dan banyaknya siswa/siswi yang bergabung dengan Studio Musik 99 Ungaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pembelajaran vokal dan kendala pelatih pada pembelajaran vokal di Studio Musik 99 Ungaran pada masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data akhir diperoleh diperoleh kesimpulan bahwa strategi pelatihan vokal di Studio Musik 99 Ungaran menggunakan beberapa strategi pembelajaran antara lain strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi kooperatif learning dan strategi pembelajaran aktif sehingga mendapatkan hasil yang cukup baik karena metode tersebut dapat membuat siswa/siswi lebih aktif dan mengerti pembelajaran yang disampaikan pelatih dengan menggunakan strategi tersebut. Kendala yang dialami pelatih pada saat pembelajaran vokal di Studio Musik 99 Ungaran yang dapat mempengaruhi ketercapaian tujuan pembelajaran disebabkan oleh dua faktor antara lain faktor dari pelatih dan faktor orang tua. Kendala pada orang tua kurang fahamnya orang tua mengenai aplikasi zoom yang digunakan selama masa pandemi covid 19, dan kendala yang dihadapi pelatih adalah kurang pahamnya siswa/siswi dalam mencerna materi yang diajarkan karena melualui aplikasi zoom
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pelatihan, Vokal, Masa Pandemi |
Subjects: | L Education > Educational Institutions M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 04:08 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 04:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55957 |
Actions (login required)
View Item |