Kelayakan Penyajian Materi Menulis pada Buku Teks Kulina Basa Jawa Kelas VII Terbitan Intan Pariwara


Oktri Yuliyati , 2102407154 (2011) Kelayakan Penyajian Materi Menulis pada Buku Teks Kulina Basa Jawa Kelas VII Terbitan Intan Pariwara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kelayakan Penyajian Materi Menulis pada Buku Teks Kulina Basa Jawa Kelas VII Terbitan Intan Pariwara]
Preview
PDF (Kelayakan Penyajian Materi Menulis pada Buku Teks Kulina Basa Jawa Kelas VII Terbitan Intan Pariwara) - Published Version
Download (855kB) | Preview

Abstract

Buku teks merupakan salah satu komponen yang penting dalam pembelajaran, karena melalui buku teks, siswa termotivasi untuk belajar. Buku yang baik harus dapat menyajikan materi pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan sesuai kurikulum yang berlaku. Penelitian ini difokuskan pada kelayakan penyajian materi menulis pada buku teks Kulina Basa Jawa kelas VII terbitan Intan Pariwara. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kelayakan penyajian materi menulis pada buku teks Kulina Basa Jawa kelas VII terbitan Intan Pariwara? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi kelayakan penyajian materi menulis pada buku teks Kulina Basa Jawa kelas VII terbitan Intan Pariwara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian ini adalah materi menulis dalam buku teks Kulina Basa Jawa kelas VII terbitan Intan Pariwara. Sumber datanya adalah buku teks Kulina Basa Jawa kelas VII terbitan Intan Pariwara. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan penyajian materi menulis pada buku teks Kulina Basa Jawa kelas VII terbitan Intan Pariwara persentasenya adalah 79%. Hasil tersebut diperoleh dari perhitungan persentase pada tiap aspek, yaitu: (1) pencantuman tujuan pembelajaran 88%, (2) penahapan pembelajaran 67%, (3) keterpusatan pada siswa 63%, (4) latihan 92%. Dari hasil analisis tersebut berarti kelayakan penyajian materi menulis pada buku teks Kulina Basa Jawa kelas VII terbitan Intan Pariwara tergolong baik untuk dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran. Saran yang dapat peneliti berikan adalah pada aspek pencantuman tujuan masih terdapat indikator yang belum dicantumkan. Aspek penahapan pembelajaran menulis dengan aksara Jawa langsung menyajikan soal-soal tanpa diawali adanya materi. Aspek keterpusatan pada siswa, materi menulis aksara Jawa belum dicantumkan, dan aspek latihan masih ada soal menulis aksara Jawa yang tidak sesuai dengan indikator. Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian yang berkaitan dengan buku teks dapat ditindaklanjuti pada keterampilan berbahasa lain atau pada segi kelayakan lain. Sehingga dapat menjadi masukan bagi sebuah buku teks yang layak untuk dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kelayakan penyajian materi, menulis, buku teks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2011 01:30
Last Modified: 25 Apr 2015 06:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5579

Actions (login required)

View Item View Item