PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, GAYA HIDUP BERBELANJA, DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA SHOPEE MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Annisa Nur Rachma Ullya, 7101418178 (2022) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, GAYA HIDUP BERBELANJA, DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA SHOPEE MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
spontan dan cepat karena adanya dorongan atau keinginan ketika memasuki sebuah toko baik secara langsung atau online dengan membeli barang tanpa mempertimbangkan nilai guna dan manfaat dari barang tersebut. Seseorang yang melakukan pembelian impulsif lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhannya. Tujuan dari penelitian ini untuk meneliti pengaruh promosi penjualan, gaya hidup berbelanja, dan belanja hedonis terhadap pembelian impulsif baik secara lansung maupun tidak langsung melalui emosi positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angakatan 2019 dan 2020 yang merupakan pengguna e-commerce shopee. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan 384 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur dengan bantuan IBM SPSS 26. Hasil uji statistik deskriptif diketahui bahwa variabel pembelian impulsif, promosi penjualan, gaya hidup berbelanja, dan emosi positif tergolong tinggi. Sedangkan variabel motivasi belanja hedonik tergolong cukup. Hasil penelitian ini menunjukkan secara langsung promosi penjualan, gaya hidup berbelanja, dan emosi positif berpengaruh positif signifikan terhadap pembelian impulsif sedangkan motivasi belanja hedonik tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Sementara itu, promosi penjualan, gaya hidup berbelanja, dan motivasi belanja hedonik berpengaruh positif signifikan terhadap emosi positif. Hasil pengaruh mediasi promosi penjualan, gaya hidup berbelanja, dan motivasi belanja hedonik berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif melalui emosi positif. Simpulan penelitian ini adalah promosi penjualan, gaya hidup berbelanja, dan emosi positif berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Namun, motivasi belanja hedonik tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Emosi positif berhasil memediasi promosi penjualan, gaya hidup berbelanja, dan belanja hedonik. Saran penelitian ini mahasiswa hendaknya mulai membuat skala prioritas kebutuhan agar mampu melakukan manajemen keuangan dengan baik, mampu merubah gaya hidup hedonis agar dapat mengendalian diri dari perilaku pembelian impulsif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelian Impulsif, Promosi Penjualan, Gaya Hidup Berbelanja, Motivasi Belanja Hedonik, dan Emosi Positif |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 04:15 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 04:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55654 |
Actions (login required)
View Item |