PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP), LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL TERHADAP KESIAPAN CALON GURU MELALUI PERENCANAAN KARIR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN TAHUN 2018
Mei Lina, 7101418261 (2022) PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP), LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL TERHADAP KESIAPAN CALON GURU MELALUI PERENCANAAN KARIR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN TAHUN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kesiapan calon guru merupakan sebuah kondisi yang menunjukkan adanya kesiapan dalam diri untuk menjalankan profesinya tersebut. Mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 mempunyai kesiapan sebagai calon guru yang rendah, hal ini didukung dengan hasil observasi awal dan data Tracer Study yang menunjukkan lulusan yang bekerja sebagai tenaga pendidik kurang dari 50%. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), lingkungan keluarga, dan locus of control internal terhadap kesiapan calon guru melalui perencanaan karir sebagai variabel mediasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2018 Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang berjumlah 300 Mahasiswa. Ukuran sampel penelitian menggunakan rumus Slovin dengan standard error 5% sebanyak 171 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, serta analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya pengaruh negatif dan tidak signifikan PLP terhadap kesiapan menjadi guru, (2) adanya pengaruh secara positif dan signifikan lingkungan keluarga dan locus of control internal terhadap kesiapan menjadi guru, (3) dan terdapat pengaruh secara tidak langsung yaitu PLP, lingkungan keluarga dan locus of control internal terhadap kesiapan menjadi guru melalui perencanaan karir sebagai variabel mediasi. Simpulan dari penelitian menunjukkan bahwa kesiapan calon guru dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, locus of control internal, dan perencanaan karir. Sementara Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) tidak berpengaruh terhadap kesiapan calon guru. Kemudian perencanaan karir mampu memediasi pengaruh PLP, lingkungan keluarga dan locus of control internal terhadap kesiapan calon guru. Saran dari penelitian ini yaitu agar keluarga lebih mendukung kembali dalam proses pendidikan anak, mahasiswa juga meningkatkan locus of control internal dan menambah pengalaman pada dirinya sehingga keyakinan dalam dirinya dapat meningkat sebagai calon guru, serta melakukan perencanaan karir yang matang pada dirinya untuk berprofesi sebagai guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Calon Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan, Lingkungan Keluarga, Locus of Control Internal, Perencanaan Karir |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 02:22 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 02:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55615 |
Actions (login required)
View Item |