PENGARUH MOTIVASI PELAJAR, GAYA BELAJAR, MODAL SOSIAL DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING


Ega Sih Priyantika Wiharto, 7101418142 (2022) PENGARUH MOTIVASI PELAJAR, GAYA BELAJAR, MODAL SOSIAL DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418142 - Ega Sih Priyantika Wiharto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Efektivitas pembelajaran daring ukuran keberhasilannya dari proses pembelajaran berbasis internet dengan melibatkan peserta didik, pendidik, keahlian serta sarana penunjang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh motivasi pelajar, gaya belajar, modal sosial dan literasi digital terhadap efektivitas pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian studi pengujian hipotesis. Populasi sebanyak 142 siswa kelas XI dan XII Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK N 2 Temanggung Angkatan tahun 2021/2022 seluruhnya dijadikan unit analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data terdiri dari statistik deskriptif dan regresi linear berganda menggunakan SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan motivasi pelajar, gaya belajar, modal sosial dan literasi digital berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran daring (46,6%). Secara parsial motivasi pelajar berpengaruh positif terhadap efektifitas pembelajaran daring (7,73%), gaya belajar berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran daring (3,84%). Akan tetapi modal sosial dan literasi digital tidak terbukti berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran daring. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh motivasi pelajar, gaya belajar, modal sosial dan literasi digital terhadap efektivitas pembelajaran daring secara simultan. Kemudian secara parsial tidak terdapat pengaruh modal sosial dan literasi digital terhadap efektivitas pembelajaran daring pada siswa kelas XI dan XII Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK N 2 Temanggung Angkatan tahun 2021/2022. Saran dari peneliti siswa perlu mempertahankan atau meningkatkan motivasi pelajar agar dapat menemukan gaya belajar yang sesuai dengan karakter siswa sehingga efektivitas pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran Daring, Motivasi Pelajar, Gaya Belajar, Modal Sosial, Literasi Digital.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:17
Last Modified: 26 Jan 2023 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55612

Actions (login required)

View Item View Item