PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI BELANJA ONLINE DI KOTA SEMARANG


Imam Alhafizh, 7101418141 (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI BELANJA ONLINE DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418141 - Imam Alhafizh.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat banyak perubahan terjadi, salah satunya adalah dalam sistem berbelanja. Sebelumnya berbelanja harus datang langsung ke toko tetapi sekarang pembeli bisa melakukan transaksi berbelanja secara online menggunakan marketplace. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, promosi penjualan, dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik dengan menggunakan angka indeks four box method dan menggunakan SEM dengan software warpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan, promosi penjualan, dan online customer review masyarakat di Kota Semarang dalam kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan, promosi penjualan, dan online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online di Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, saran dalam penelitian ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang literasi keuangan, memahami promosi yang ditawarkan di marketplace serta memiliki kemampuan untuk membandingkan produk yang akan dibeli dengan produk lainnya. Sehingga dengan menerapkan hal tersebut dengan baik dapat membantu dalam mengambil keputusan pembelian yang tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Promosi Penjualan, Online Customer Review, Keputusan Pembelian, dan Aplikasi Belanja Online
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:13
Last Modified: 26 Jan 2023 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55611

Actions (login required)

View Item View Item