PENGARUH 21ST CENTURY SKILLS TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Annisa Ambarwati, 7101418136 (2022) PENGARUH 21ST CENTURY SKILLS TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Perubahan era digitalisasi menuntut seseorang untuk menguasai keterampilan-keterampilan yang baru juga. Kesiapan kerja merupakan kemampuan seseorang untuk siap bekerja dengan kemampuan beradaptasi dalam menghadapi persoalan tanpa melalui kendala yang dapat menghambat keinginannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh learning and innovation skills, information, media and technology skills, life and career skills terhadap kesiapan kerja dengan self efficacy sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 332 Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Berdasarkan populasi tersebut diambil 181 mahasiswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa learning and innovation skills dan information, media and technology skills mampu mempengaruhi kesiapan kerja sedangkan life and career skills belum mampu mempengaruhi kesiapan kerja. Semua variabel independen mulai dari learning and innovation skills, information, media and technology skills serta life and career skills mampu mempengaruhi self efficacy. Self efficacy mampu memediasi learning and innovation skills dan life and career skills terhadap kesiapan kerja sedangkan self efficacy belum mampu memediasi information, media and technology skills terhadap kesiapan kerja. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat delapan hipotesis yang diterima dan dua hipotesis ditolak. Saran yang diberikan oleh peneliti diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan berbagai keterampilan yang menunjang seperti berkomunikasi, saling bekerja sama dalam tim, meningkatkan kreatifitas, adaptasi dan menyelesaikan masalah yang ada sehingga mahasiswa mendapatkan kemampuan yang mumpuni agar lebih siap memasuki dunia kerja. Bagi penelitian selanjutnya disarankan agar mempertimbangkan variabel intervening lain yang dapat memediasi pengaruh variabel-variabel independen terhadap kesiapan kerja seperti outcome expectation dan motivasi serta dapat memperluas objek penelitian
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning and Innovation Skills, Information, Media and Technology Skill, Life and Career Skills, Self Efficacy, Kesiapan Kerja. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 02:05 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 02:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55607 |
Actions (login required)
View Item |