ANALISIS KUALITAS DAN NILAI KARAKTER SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IX MTs RADEN FATAH TEGAL
Eho Livah, 2303418036 (2022) ANALISIS KUALITAS DAN NILAI KARAKTER SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IX MTs RADEN FATAH TEGAL. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Tes bahasa Arab yang baik adalah tes yang memenuhi standar validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda yang baik. Tes yang baik dapat dilihat pula dari integrasi nilai karakter yang terdapat dalam butir soal. Dikarenakan memasukkan nilai karakter dalam butir soal penting dilakukan dalam penyusunan soal tes. Untuk mencerminkan baik tidaknya tes sebagai alat penilaian dapat dilakukan dengan menganalisis soal tes yang telah digunakan. Tujuannya untuk mengidentifikasi soal-soal yang baik, sedang, dan soal yang jelek. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IX MTs Raden Fatah Tegal dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda serta menganalisis nilai karakter yang terdapat pada soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IX MTs Raden Fatah Tegal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan sesuai dengan metode dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data untuk uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda menggunakan analisis statistik dengan program excel 2019, sedangkan teknik analisis data untuk uji nilai karakter menggunakan kartu data dan lembar rekapitulasi data. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 40 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal esai menunjukkan kualitas soal dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda terdapat 24 butir soal termasuk soal yang baik, 12 butir soal termasuk soal yang sedang, dan 12 butir soal termasuk soal yang tidak baik. Dari 9 butir soal yang tidak baik, sejumlah 7 butir soal masih bisa digunakan kembali pada ujian mendatang dikarenakan sebagian peserta didik menyontek ketika ujian dan kurang mampu memahamai materi pelajaran, sedangkan 2 butir soal perlu direvisi dikarenakan soal terlalu mudah. Dengan demikian, soal tes sudah memenuhi standar kelayakan soal dikarenakan sejumlah 43 butir soal masih bisa digunakan kembali pada ujian mendatang. Terdapat 13 nilai karakter yang terintegrasi dalam butir soal tes, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dengan demikian, secara keseluruhan soal tes sudah memenuhi standar 18 nilai-nilai karakter dan budaya, karena 43 butir soalnya (95,56%) terintegrasi nilai karakter, dengan jumlah 13 nilai karakter (72,22%) dari keseluruhan 18 nilai karakter yang ada
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Soal; Nilai Karakter Soal; Tes bahasa Arab |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 01:43 |
Last Modified: | 16 Apr 2024 02:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55598 |
Actions (login required)
View Item |