PENGELOLAAN PEMBELAJARAN SOFT SKILL DI UPT BLK KABUPATEN REMBANG
Inggil Wijayatika, 1201417032 (2021) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN SOFT SKILL DI UPT BLK KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
UPT BLK Kabupaten Rembang melaksanakan pengelolaan pembelajaran berbasis kompetensi sebagai bekal untuk bekerja. Namun, tidak semua bekal keterampilan yang didapatkan saat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kriteria penerimaan karyawan yang ditetapkan perusahaan. Sehingga UPT BLK sebagai lembaga yang mengelola pembelajaran menyampaikan pembelajaran soft skill yang disesuaikan dengan keadaan dipekerjaan sehingga ada keterampilan soft skill sebagai penunjang jenjang karir yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengelolaan pembelajaran dan hasil dari pengelolaan pembelajaran soft skill di UPT BLK Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian instruktur kejuruan komputer, dengan informan penelitian sebagai data pendukung penulis meliputi Kepala UPT BLK, Ka Subbag TU BLK, dan Peserta Didik yang mengikuti pelatihan kejuruan komputer. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan menggunakan metode teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa proses pengelolaan pembelajaran soft skill di UPT BLK Kabupaten Rembang terdiri dari perencanaan dengan pembagian tugas instruktur, perumusan tujuan pembelajaran, identifikasi kebutuhan, penetapan silabus, penetapan RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran), dan penetapan sarana prasarana pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan awal yaitu apersepsi materi, kegiatan inti terdiri dari penyampaian materi disertai praktik, ditambah diskusi pemecahan masalah, game, dan kegiatan penutup berisikan tugas praktik atau penekanan materi, dan presentasi hasil sebuah karya dan hasil dari diskusi. Pelaksanannya berpedoman pada metode, media, waktu pembelajaran, dan sarana prasarana yang telah ditentukan. Evaluasi dilaksanakan oleh UPT BLK dengan standar yang telah ditetapkan oleh BBPLK Semarang, dan evaluasi semuanya berkaitan dengan materi, instruktur, sarana prasarana, dan peserta didik. Hasil pengelolaan pembelajaran soft skill yaitu menunjang keterampilan dan meningkatkan produktivitas kerja sebagai pendukung sertifikat uji kompetensi. Simpulan dari penelitian yaitu tahapan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang berkaitan dengan KSA (knowledge, skill, attitude), kemudian evaluasi dilaksanakan secara menyeluruh. Berdasarkan hasil penelitian, saran dari peneliti yaitu terkait evaluasi pembelajaran soft skill diakhir pembelajaran, dan perbaikan sarana prasarana untuk menunjang kegiatan pembelajaran, serta penyaluran kerja bagi lulusan peserta didik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Balai Latihan Kerja, Pengelolaan Pembelajaran, Soft Skill |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 04:16 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 04:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55562 |
Actions (login required)
View Item |