TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN e-KTP DI KOTA TEGAL (Studi Pada Masyarakat Kota Tegal)


Mughni Ma’mun, 7101418045 (2022) TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN e-KTP DI KOTA TEGAL (Studi Pada Masyarakat Kota Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418045 - Mughni Ma'mun.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan merupakan merupakan segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggungjawan dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintahan. Selain itu pelayanan juga dapat dijadikan indikator baik atau buruknya pelayanan suatu instansi, jadi bisa dikatakan pelayanan dalah wajah baik atau buruknya suatu instansi. Disdukcapil Kota Tegal merupakan instansi yang bertugas menyelenggarakan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Selama mendapatkan pelayanan di Disdukcapil Kota Tegal masyarakat sudah merasa nyaman dengan kinerja pegawai yang bertugas. Hanya saja ada beberapa hal yang membuat masyarakat tidak merasa nyaman yaitu kurangnya fasilitas yang tersedia di ruang tunggu sehingga masih banyak masyarakat yang berdiri atau lebih memilih pergi ke kantin saat sedang menunggu giliran untuk melakukan perekaman data e-KTP, selain itu kurangnya keamanan tempat parkir di salah satu TPDK (Tempat Perekaman Data Kependudukan) yaitu TPDK Tegal Timur juga menjadi faktor yang membuat masyarakat kurang nyaman karena sering terjadi kehilangan helm. Populasi dalam penelitian ini yaitu Masyarakat Kota Tegal yang sudah melakukan perekaman data. Jumlah sampel dalam penelitian ini 20 orang yang diperoleh dari teori Milles and Humberman.Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakak reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari analisis data yang diperoleh dapat dideskripsikan bahwa pelayanan yang ada di Disdukcapil Kota Tegal sudah cukup baik hanya saja ada beberapa fasilitas yang harus diganti namun belum diganti sehingga mengurangi kenyamanan masyarakat dalam proses pelayanan. Simpulan dalam penelitian ini yaitu 1 .Kompetensi pegawai yang dinilai melalui indikator pengetahuan, pengalaman, keterampilan, dan sikap memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil menunjukkan bahwa pegawai sudah memiliki pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang mumpuni pada bidang pekerjaannya masing-masing meskipun terkadang perubahan kebijakan ataupun peraturan membuat pegawai harus cepat menyesuaikan dan keterampilan pegawai pada teknologi ataupun sistem terbaru kadang diperlukan waktu untuk mempelajarinya. Sikap pegawai dalam bekerja dan melayani pengguna layanan sudah baik dan bagus dengan melayani pengguna layanan dengan ramah, sopan, santun, memberikan penjelasan yang jelas, dan bersikap tidak diskriminatif. Jika dilihat dari lima indikator tersebut Disdukcapil Kota tegal sudah cukup baik dalam melakukan pelayanan, hanya saja perlu mengupgrade sarana prasarana dan selalu melakukan penunjauan terkait sarana prasarana untuk meninimalisir adanya kendala pada saat berlangsungnya proses pelayanan.2. Lingkungan kerja pegawai dinilai melalui indikator lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasilnya menunjukkan bahwa pegawai cukup puas dengan keadaan lingkungan kerjanya. Hal yang membuat pegawai kurang puas dengan lingkungan kerjanya adalah lingkungan fisik. Pegawai merasa ruang kerja terutama di bagian pelayanan membutuhkan tambahan Air Conditioner (AC) karena merasa ruang bagian pelayanan cukup panas sehingga kurang nyaman bagi pegawai maupun pengguna layanan, selain itu kurangnya tempat sampah dan tidaadanya jalur antrian dirasa kurang nyaman oleh pengguna layanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan pada Pelayanan e-KTP
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:52
Last Modified: 24 Jan 2023 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55479

Actions (login required)

View Item View Item