GREEN MARKETING, PENGETAHUAN LINGKUNGAN, ENVIRONMENTAL ATTITUDE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HIJAU


Foresta Rose Triana, 7101417240 (2022) GREEN MARKETING, PENGETAHUAN LINGKUNGAN, ENVIRONMENTAL ATTITUDE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HIJAU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417240 - Foresta Rose Triana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya kerusakan lingkungan di Indonesia yang diakibatkan oleh aktivitas manusia dapat mengancam keberlangsungan dan kualitas lingkungan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya dan telah menyebabkan banyak permasalahan lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengetahuan lingkungan, environmental attitude dan green marketing terhadap keputusan pembelian produk hijau. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang tahun 2018. Jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 487 responden. Teknik pengambilan sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu probability sampling dengan menggunakan proportionate random sampling. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian pada Fakultas Ekonomi dan pada Fakultas Ilmu Sosial menunjukkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian produk hijau adalah green marketing pada sebesar 37,69% dan 5,19 %. Pengaruh variabel pengetahuan lingkungan sebesar 1,63 % dan sebesar 5,71%. Serta variabel environmental attitude sebesar 7,56% dan pada sebesar 16,48%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara green marketing, pengetahuan lingkungan dan environmental attitude terhadap keputusan pembelian produk hijau pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial. Saran dari peneliti yaitu sebaiknya mahasiswa konsumen muda sebagai disseminator perubahan perlu meningkatkan kembali pola konsumsi yang lebih ramah lingkungan sehingga menciptakan pola hidup ramah lingkungan melalui aktivitas, minat dan niat yang beralih menjadi ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Green Marketing, Pengetahuan Lingkungan, Enviromental Attitude, Keputusan Pembelian Produk Hijau
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:54
Last Modified: 24 Jan 2023 02:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55443

Actions (login required)

View Item View Item