PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM TAHUN 2018 TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI BARU MAHASISWA PG-PAUD FIP UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Kristi Susi Susanti, 1601417041 (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM TAHUN 2018 TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI BARU MAHASISWA PG-PAUD FIP UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417041 - Kristi Susi Susanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum tahun 2018 dan pengaruh implementasi kurikulum tahun 2018 terhadap peningkatan kemampuan literasi baru mahasiswa PG-PAUD FIP UNNES. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan mix metode dengan model sequential explanatory. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa PG-PAUD angkatan 2018, 2019, dan 2020 berjumlah 76 ditentukan melalui rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner/angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi sederhana dan analisis data mengalir (flow chart analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh implementasi kurikulum tahun 2018 terhadap peningkatan kemampuan literasi baru mahasiswa PG-PAUD FIP UNNES sebagaimana hasil data kuantitatif dan diperkuat dengan adanya data kualitatif. Hasil data menunjukkan bahwa implementasi kurikulum tahun 2018 berpengaruh signifikan dan kuat positif terhadap peningkatan kemampuan literasi baru mahasiswa PG-PAUD FIP UNNES, terbukti dari hasil analisis regresi linier sederhana melalui uji signifikansi keberartian persamaan regresi dengan nilai Sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan berada dalam kategori kuat positif karena nilai koefisien r diantara 0,61-0,80 yaitu 0,690 serta implementasi kurikulum memilki pengaruh sebesar 47,7% terhadap peningkatan kemampuan literasi baru mahasiswa PG-PAUD sebagaimana nilai koefisien determinasi. Kemudian implementasi kurikulum tahun 2018 sudah dilaksanakan dengan baik antara dokumen dan pelaksanaannya terutama pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Implementasi kurikulum tahun 2018 yang dilaksanakan dalam struktur dokumennya telah mencakup indikator-indikator literasi baru terutama dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) program studi dan sebaran mata kuliah yang mana kedua struktur tersebut digunakan sebagai tolak ukur pendalaman program studi dan ketercapaian kemampuan mahasiswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum, Literasi Baru, Mahasiswa PG-PAUD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:06
Last Modified: 24 Jan 2023 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55432

Actions (login required)

View Item View Item