Nilai Karakter Konservasi ditinjau dari Pelaksanaan Proses Pembelajaran Mata Kuliah Nihonjijo Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang


Misia Widhi Pramesti, 2302416038 (2021) Nilai Karakter Konservasi ditinjau dari Pelaksanaan Proses Pembelajaran Mata Kuliah Nihonjijo Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2302416038 - MISIA WIDHI PRAMESTI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Universitas Negeri Semarang memiliki visi “Menjadi universitas konservasi dan bereputasi internasional”. Oleh karena itu, semua program studi, tidak terkecuali Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang dalam semua pelaksanaan perkuliahannya harus dikaitkan dengan nilai-nilai karakter konservasi, salah satunya pada mata kuliah Nihonjijo. Mata kuliah Nihonjijo adalah mata kuliah di tahun pertama yang diberikan kepada mahasiswa. Nihonjijo terdiri dari kata nihon berarti ‘Jepang’ dan jijoyaitu ‘keadaan’. Sesuai dengan artinya maka pada mata kuliah Nihonjijo, berisikan materi kejepangan tentang letak geografis Jepang, kehidupan masyarakat Jepang, perayaan, masakan Jepang, pakaian adat Jepang, dan seni melipat kertas (origami). Berdasarkan studi pendahuluan dengan observasi saat perkuliahan Nihonjijo yang dilanjutkan dengan wawancara kepada dosen pengampu, disebutkan bahwa pelaksanaan perkuliahannya menggunakan berbagai metode pembelajaran. Dengan penggunaan berbagai metode pembelajaran tersebut memunculkan berbagai nilai-nilai karakter konservasi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter konservasi yang digunakan dalam pelaksanaan perkuliahan khususnya dari metode pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran mata kuliah Nihonjijo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah dosen pengampu mata kuliah Nihonjijodan 34 mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang angkatan 2018. Objek penelitian adalah nilai karakter yang terdapat pada penggunaan metode pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada dosen pengampu dan mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Nihonjijo. Hasil analisis menunjukan bahwa delapan nilai karakter konservasi digunakan dalam perkuliahan Nihonjijo. Nilai-nilai karakter tersebut adalah Nilai karakter Inspiratif 70,3%, nilai karakter Humanis 53,72%, nilai karakter Peduli 53,16%, nilai karakter Inovatif 38,86%, nilai karakter Sportif 49,70%, nilai karakter Kreatif 46,30%, nilai karakter Jujur 38,28% dan nilai karakter Adil 27,42%. Nilai-nilai karakter tersebut muncul berkaitan dengan metode pelaksanaan proses pembelajaran yang digunakan oleh pengampu, yaitu metode pembelajaran kolaboratif dan pembelajaran berbasis proyek, dari kegiatan Tanya jawab (dosen pengampu), diskusi kelompok kecil dan diskusi kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Karakter, Konservasi, Nihonjijo, metodepembelajaran
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:34
Last Modified: 25 Jan 2023 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55423

Actions (login required)

View Item View Item