PELAKSANAAN PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 03 JATINGARANG KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG
Ririn Dwi Intani, 1401418404 (2022) PELAKSANAAN PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 03 JATINGARANG KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Secara historis Pendidikan karakter sudah bukan hal baru bagi bangsa Indonesia. Namun pada kenyataannnya masih ada penerapan pendidikan karakter yang kurang maksimal. Masih ada sekolah-sekolah yang kurang memperhatikan pentingnya pelaksanaan penguatan karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Padahal penguatan profil pelajar pancasila merupakan salah satu cara pemerintah untuk mengatasi krisis moral yang terjadi pada generasi bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan penguatan karakter peserta didik kelas VI SD Negeri 03 Jatingarang Kabupaten Pemalang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penguatan karakter peserta didik kelas VI SD Negeri 03 Jatingarang Kabupaten Pemalang dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran dan pembiasaan. Pelaksanaan penguatan karakter peserta didik tersebut sudah baik, karena sudah melaksanakan lima dari enam nilai karakter yang ada pada profil pelajar pancasila. Pada kegiatan pembelajaran terdapat penguatan karakter religius pada saat berdoa diawal dan diakhir pembelajaran, penguatan karakter mandiri pada saat praktik membaca puisi mandiri, penguatan karakter kreatif pada saat peserta didik mempraktikkan baca puisi di depan kelas, dan penguatan karakter bernalar kritis pada saat peserta didik mengomentari penampilan teman sebayanya. Pada kegiatan pembiasaan terdapat penguatan karakter religius pada saat pelaksanan pembacaan asmaul husna dan penguatan karakter jujur peserta didik pada kegiatan koperasi kejujuran, serta penguatan gotong-royong pada saat peserta didik bekerja sama mengerjakan piket halaman yang terdiri dari membersihkan halaman, menyapu ruang perpustakaan, dan menyirami tanaman. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru untuk meningkatkan keteladanan serta melaksanakan penguatan karakter ke dalam setiap mata pelajaran khususnya penguatan karakter kebinekaan global agar lebih maksimal. Bagi sekolah disarankan untuk aktif dalam melakukan pembaharuan kebijakan sekolah serta penambahan program sekolah yang bertujuan untuk mendukung pelaksanaan penguatan karakter peserta didik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Penguatan Karakter, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 08:13 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 08:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55239 |
Actions (login required)
View Item |