HUBUNGAN KEAKTIFAN BELAJARDANKEMANDIRIAN BELAJAR DENGANHASILBELAJAR KOMPETENSI MAKNASIMBOLSILAPANCASILA PADA SISWA KELAS IVSDNGUGUSKI HAJAR DEWANTARA
Indah Dewi Puspitasari, 1401418373 (2022) HUBUNGAN KEAKTIFAN BELAJARDANKEMANDIRIAN BELAJAR DENGANHASILBELAJAR KOMPETENSI MAKNASIMBOLSILAPANCASILA PADA SISWA KELAS IVSDNGUGUSKI HAJAR DEWANTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah menurut UUNomor 20Tahun 2003 menjelaskan terdapat sepuluh mata pelajaran yang wajib ditempuholeh siswa diantaranya pembelajaran agama, pendidikan kewarganegaraan, bahasa, matematika, IPA, IPS, seni dan budaya, pendidikan jasmani dan olahraga, ketrampilan/kejuruan dan muatan lokal. PPKn merupakan muatan pembelajaranyang mengajarkan tentang kehidupan sehari-hari dan menjunjung nilai-nilai Pancasila. Dalam kegiatan pembelajaran siswa akan menemukan kesulitanyangdapat mempengaruhi hasil belajarnya. Berdasarkan hasil wawancara dengangurukelas, terdapat permasalahan yang ditemukan pada siswa kelas IVSDNGugus Ki Hajar Dewantara yaitu masalah pada keaktifan belajar siswa yang tidak terlihat dan selama pembelajaran mengandalkan guru dan teman sebaya. Masalahlainditemukan pada materi yang bersifat hafalan dan luas menjadikan siswa kurangmandiri dalam mencari informasi. Kedua masalah tersebut mempengaruhi hasil belajar pada KD 3.1 makna simbol sila Pancasila masih terlihat dibawah KKM. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasi dengan jenis datakuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 121 siswa, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling didapatkan 109 siswa. Teknikpengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, danuji multikolineritas. Teknik analisis data dengan analis deskriptif, analisis korelasi, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil analisis data didapatkan: (1) terdapat hubungan yang positif dansignifikan antara keaktifan belajar dengan hasil belajar kompetensi makna simbol sila Pancasila sebesar 40%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikanantara kemandirian belajar dengan hasil belajar kompetensi makna simbol silaPancasila sebesar 37,4%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikankeaktifan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar kompetensi maknasimbol sila Pancasila sebesar 41,8% terhadap hasil belajar siswa. Simpulan penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikanantara keaktifan belajar dengan hasil belajar makna simbol sila Pancasila. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar denganhasil belajar makna simbol sila Pancasila. Terdapat hubungan yang positif dansignifikan antara keaktifan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar makna simbol sila Pancasila pada siswa. Saran yang diharapkan guru dan orangtua dapat bekerjasama untuk menyadarkan pentingnya keaktifan belajar dankemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Kompetensi Makna Simbol Sila Pancasila |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 04:14 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 04:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55217 |
Actions (login required)
View Item |