ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN PADA BUKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Nurul Inayah, 1401418354 (2022) ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN PADA BUKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Buku siswa sebagai sumber belajar dalam kurikulum 2013 terintegrasi dengan Penguatan Pendidikan Karakter. Berdasarkan observasi pada buku siswa, diketahui bahwa Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan telah mengembangkan nilai-nilai karakter utama pada Penguatan Pendidikan Karakter meskipun belum merata penyebarannya. Karakter merupakan bagian penting untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Karakter tidak tercipta dalam waktu singkat tetapi harus dibentuk dari hari demi hari agar karakter tersebut menjadi kuat dan mampu menjadi pengendali diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah nilainilai karakter yang terdapat pada buku siswa kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan yang meliputi nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan secara keseluruhan sudah mengembangkan nilai-nilai karakter namun belum sesuai dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Nilai karakter yang ditemukan sebanyak 222 nilai karakter, dengan 15 nilai karakter religius, 73 nilai karakter nasionalis, 123 nilai karakter mandiri, 11 nilai karakter gotong royong, dan 0 nilai karakter integritas. Nilai-nilai karakter yang ditemukan sudah sesuai dengan subnilai masing-masing nilai meskipun tidak memuat semua subnilai pada masing-masing nilai karakter. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan sesuai dengan fokus pengembangan nilai karakter tertentu dan tidak bisa berdiri sendiri melainkan memiliki keterkaitan antar satu nilai dengan nilai yang lain. Disarankan kepada guru untuk melakukan analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa sebelum menggunakan buku siswa sebagai sumber belajar selama proses pembelajaran, sehingga guru dapat menyusun rencana pembelajaran dengan baik yang diintegrasikan dengan berbagai model pembelajaran untuk memaksimalkan proses pembelajaran agar mampu mencapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Siswa, Nilai-nilai Karakter |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 02:39 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 02:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55211 |
Actions (login required)
View Item |