(ABSTRAK) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI MATERI PROTISTA DI KELAS X SMA NEGERI 1 KRAMAT TEGAL
Fatimah Dwi Purwaningsih , 4401405006 (2010) (ABSTRAK) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI MATERI PROTISTA DI KELAS X SMA NEGERI 1 KRAMAT TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI MATERI PROTISTA DI KELAS X SMA NEGERI 1 KRAMAT TEGAL)
- Published Version
Download (70kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA N 1 Kramat, hasil belajar siswa kelas X untuk materi Protista masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal dan ketuntasan klasikal kelas masih belum mencapai 85% yaitu baru mencapai 65% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Siswa mengganggap materi Protista merupakan materi yang susah karena muatan materi yang cukup padat dan banyak hafalan. Salah satu alternatif pembelajaran yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan Pendekatan pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah SMA Negeri 1 Kramat dengan bantuan kartu identifikasi sebagai sumber belajar biologi pada materi Protista dapat berpengaruh hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X. Penelitian dilakukan dengan metode pre experimental dengan desain one shot case study. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramat tahun ajaran 2009/2010. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Prosedur penelitian: persiapan, pelaksanaan, pengambilan data, analisis. Cara pengambilan data: lembar observasi, tugas, tes, dan angket. Metode analisis data: deskriptif dan análisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase aktivitas siswa selama proses pembelajaran adalah 97,62% siswa kelas X2 dan 88,10% siswa kelas X3 aktif, sedangkan dalam pembelajaran 97,62% siswa kelas X2 dan 90,48% siswa kelas X2 telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sekolah untuk hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biologi materi protista di SMA Negeri 1 Kramat Tegal dapat berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X. Penenerapan pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biologi perlu dilakukan tidak hanya pada pada materi Protista tetapi juga materi lain yang memungkinkan dengan menggunakan bahan ajar yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan sekitar skolah, sumber belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 07:40 |
Last Modified: | 19 Oct 2011 02:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5516 |
Actions (login required)
View Item |