PELAKSANAAN EVALUASI MATERI SEPAK TAKRAW DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 CILONGOK
ILHAM WINANDHI, 6101417107 (2022) PELAKSANAAN EVALUASI MATERI SEPAK TAKRAW DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 CILONGOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, khususnya dalam dunia pendidikan. Ini mengharuskan semua elemen pendidikan, termasuk pembelajaran mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh/pembelajaran daring atau online. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan memiliki peranan yang sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang dilakukan dengan sistematis. Salah satu materi pada mata pelajaran PJOK adalah sepaktakraw. Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses untuk mempersiapkan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya melalui cara yang sistematis. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik, serta keefektifan pendidik dalam mengajar. Pengukuran dan penilaian menjadi kegiatan utama dalam evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat keberhasilan pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring di kelas VII SMPN 2 Cilongok ditandai dengan presensi kehadiran siswa yang mengikuti evaluasi pembelajaran daring mencapai 96,56 %, pemerolehan nilai rata-rata mencapai 81,23, dan tingkat ketuntasan KKM sebesar 91,81%. Simpulan dari pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring dikatakan valid karena siswa mengerjakan evaluasi sendiri, dan hasil pelaksanaan evaluasi daring tidak mengalami perubahan. Kelemahan evaluasi daring yaitu jaringan internet sering tidak stabil, ada siswa yang tidak punya handphone dan siswa tidak memiliki kuota, sehingga sangat mengganggu pelaksanaan evaluasi daring. Kelebihannya yaitu proses pelaksanaan evaluasi daring tidak membutuhkan kertas untuk membuat soal, praktis dan mudah untuk mengoreksinya. Saran dalam pelaksanaan evaluasi daring seharusnya siswa sudah memiliki Handphone sendiri, diadakanya bantuan kuota tambahan dari pihak sekolah, seyogyanya dalam pelaksanaan evaluasi daring guru harus selalu memantau prosesnya sehingga bila terjadi masalah bisa cepat teratasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi. Pembelajaran, Daring, Sepaktakraw |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:53 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55110 |
Actions (login required)
View Item |