HUBUNGAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS RA KARTINI KECAMATAN WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG
Yusrizqi Wijayani, 1401418253 (2022) HUBUNGAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS RA KARTINI KECAMATAN WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Disiplin dan kemandirian belajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V di SDN Gugus RA Karitni diketahui bahwa disiplin dan kemandirian belajar beberapa siswa masih rendah ditandai dalam pembelajaran terhadap beberapa anak yang tidak fokus serta siswa belum bisa mandiri dalam menyelesaikan persoalan belajar, selain itu hasil belajar siswa pada materi pelajaran IPA masih rendah ditandai dengan adanya beberapa siswa yang belum tuntas KKM. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar mupel IPA; (2) menguji hubungan antara hubungan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar mupel IPA; (3) menguji hubungan antara disiplin dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mupel IPA Kelas V SD Negeri Gugus RA Kartini kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus RA Kartini sebanyak 163 siswa, dan sampel sebanyak 124 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cludter random sampling. Variabel penelitian ini meliputi disiplin disiplin, kemandirian belajar, dan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan realiabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifkan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar muatan pelajaran IPA dengan nilai nilai rhitung > rtabel (0,582 > 0,1764) dengan taraf signifikasi 0,05 termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 33,8%. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar muatan pelajaran IPA dengan nilai nilai rhitung > rtabel (0,620 > 0,1764) dengan taraf signifikasi 0,05 termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 38,3%. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar muatan pelajaran IPA dengan nilai nilai rhitung > rtabel (0,641 > 0,1764) dengan taraf signifikasi 0,05 termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 41,1%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan disiplin dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mupel IPA kelas V SD Negeri Gugus RA Kartini. Saran dalam penelitian ini, guru hendakanya meberikan arahan kepada siswa agar mereka dapat memiliki disiplin dan mandiri dalam belajar serta sekolah diharapkan sebagai lembaga yang mampu berperan membentuk serta menanamkannya pada diri siswa dapat mencapai hasil belajar lebih optimal
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Kemandirian, hasil belajar muatan pelajaran IPA |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 05:42 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 05:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55078 |
Actions (login required)
View Item |