ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA DENGAN KURIKULUM 2013 KELAS V TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA


EDI NURZAMAN, 1401418205 (2022) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA DENGAN KURIKULUM 2013 KELAS V TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418205 - Edi Nurzaman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Buku Guru dan Buku Siswa sebagai pedoman dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 dikeluarkan oleh pemerintah. Subtansi Buku Guru dan Buku Siswa harus sesuai dengan Kurikulum 2013. Analisis perlu dilakukan pada Buku Guru dan Buku Siswa agar dapat diketahui kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa guru belum melakukan kegiatan analisis Buku Guru dan Buku Siswa sebelum pembelajaran dan diperoleh informasi bahwa guru pernah menemukan ketidaksesuaian materi yang terdapat pada buku, baik Buku Guru maupun Buku Siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Bagaimanakah kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, cakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa kelas V SD/MI tema Benda-Benda di Sekitar kita dengan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kepustakaan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil penelitian. Sampel sumber data dalam penelitian ini mendayagunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KI dan KD dalam Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, serta penilaian dalam Buku Guru dan Buku Siswa secara umum sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu adanya beberapa perbaikan dalam buku ini. Pada beberapa tujuan pembelajaran belum memuat unsur ABCD secara lengkap, masih terdapat kekurangan pada kegiatan pembelajaran yaitu langkah-langkah pembelajaran kurang lengkap, pada beberapa pembelajaran terdapat muatan pelajaran yang belum ada rubrik penilaiannya. Kesesuaian materi, cakupan materi, dan keakuratan materi pada Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Saran yang peneliti berikan yaitu guru sebaiknya melakukan kegiatan analisis pada buku yang akan digunakan dalam pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia harus lebih teliti dalam mengeluarkan buku yang akan menjadi panduan kegiatan belajar mengajar bagi guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesesuaian; Buku Guru SD Tema 9; Buku Siswa SD Tema 9; Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:16
Last Modified: 13 Jan 2023 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55059

Actions (login required)

View Item View Item