Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga


Utaminingsih, 2009 (2009) Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga. Under Graduates thesis, u.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga]
Preview
PDF (Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga) - Published Version
Download (20kB) | Preview

Abstract

Utaminingsih. 2009. Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci: Prestasi Belajar Akuntansi, Motivasi Belajar, Minat Belajar Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran. Begitu juga untuk belajar diperlukan suatu motivasi dan minat belajar yang besar untuk mencapai prestasi belajar. Permasalahan yang diungkap : (1) Adakah pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga? (3) Adakah pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Ada tidaknya pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga. (2) ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga. (3) Ada tidaknya pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga. Populasi dalam skripsi adalah seluruh siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga jurusan akuntansi kelas XI sebanyak 107 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 siswa dengan variabel motivasi belajar dan minat belajar. Data yang diperoleh dari kuisioner dan dokumentasi selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah sebesar 10.6%. Hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan bahwa rata-rata tingkat motivasi belajar dalam kategori tinggi yaitu sebesar 63,10%. Sedangkan minat belajar juga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 6.5%. Hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan bahwa rata-rata tingkat minat belajar dalam kategori tinggi yaitu sebesar 77,8%. Motivasi belajar dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga sebesar 19.8%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah ada pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga baik secara simultan maupun parsial. saran (1) Bagi lembaga pendidikan hendaknya siswa diberi rangsangan agar tumbuh motivasi pada dirinya, karena motivasi belajar adalah merupakan faktor psikis yang bersifat non-intelektual. (2) Bagi sekolah hendaknya perlu memberikan dorongan kepada siswanya untuk menumbuhkan minat belajar, karena minat tidak timbul secara tiba-tiba/spontan, melainkan timbul akibat dari partisipasi, kebiasaan pada waktu belajar. (3) Bagi peneliti selanjutnya jangan hanya berfokus kepada kedua variabel tersebut tetapi masih banyak faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Akuntansi, Motivasi Belajar, Minat Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2011 04:03
Last Modified: 19 Oct 2011 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5502

Actions (login required)

View Item View Item