PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD DI SEKTOR BINAAN 1 KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES
Rinto Santoso, 1401418127 (2022) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD DI SEKTOR BINAAN 1 KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar merupakan indikator dan pedoman bagi seorang guru untuk melakukan tindak lanjut dalam kegiatan belajar. Hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah motivasi berprestasi dan lingkungan belajar. Peserta didik yang memiliki motivasi berprestasi akan atif, semagat dan memperoleh hasil belajar yang baik. Lingkungan belajar yang kondusif, aman, tenang, dan nyaman akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD di Sektor Binaan 1 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Variabel dalam penelitian ini meliputi hasil belajar matematika, motivasi berprestasi, dan lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantatif jenis pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 171 peserta didik kelas V dari enam sekolah dasar di Sektor Binaan 1 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel 120 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan angket tertutup dengan skala likert 4. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Variabel motivasi berprestasi memperoleh nilai indeks sebesar 75,33% termasuk kirteria tinggi. (2) Variabel lingkungan belajar memperoleh nilai indeks sebesar 71,35% termasuk kriteria tinggi. (3) Persentase sumbangan motivasi beprestasi terhadap hasil belajar matematika sebesar 15,3%; (4) Persentase sumbangan lingkungan belajar tyerhadap hasil belajar matematika sebesar 11,6%; (5) Presentase sumbangan motivasi berprestasi dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 18%. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orang tua sebaiknya membantu meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik dengan melakukan pembelajaran yang menarik dan memberikan pujian dalam kegiatan belajar. Selain itu, pendidik hendaknya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, nyaman, aman, dan tenang. Penciptaan lingkungan belajar yang diharapkan memerlukan kerjasama yang baik antar warga sekolah, termasuk didalamnya peserta didik dan pendidik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Matematika; Motivasi Berprestasi; Lingkungan Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 03:22 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 03:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55016 |
Actions (login required)
View Item |