PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIRAYA MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS IV SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG
Amelia Agustina Hermanto, 1401418126 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIRAYA MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS IV SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran IPS mempunyai tujuan dalam mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat, memiliki mental positif serta terampil mengatasi masalah yang terjadi sehari-hari. Pembelajaran IPS berbantuan media bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada pra penelitian di SDN Sampangan 02, minimnya penggunaan media pembelajaran IPS berbasis teknologi pada materi keragaman budaya membuat siswa tidak tertarik yang mengakibatkan hasil belajar IPS siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media Diraya (Digital Book Keragaman Budaya) menggunakan Kvisoft Flipbook dengan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Pada uji skala kecil dipilih 9 siswa kelas IV dan uji skala besar dengan jumlah 28 siswa di SDN Sampangan 02. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, tes, angket, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pembelajaran Diraya Menggunakan Kvisoft Flipbook Mupel IPS Kelas IV SDN Sampangan 02 Kota Semarang dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. dari hasil validasi materi diperoleh presentase sebesar 92,65% kriteria sangat layak dengan perbaikan,hasil validasi bahasa diperoleh presentase sebesar 89% dan oleh ahli media mendapat presentase 96% kriteria sangat layak dengan perbaikan. Hasil belajar pretest dan posttest dihitung menggunakan n-gain mengalami peningkatan sebesar 0,48 dengan kategori sedang serta uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2- failed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Simpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran diraya layak digunakan dan efektif dalam peningkatan hasil belajar. Saran penelitian adalah media Pembelajaran diraya menggunakan Kvisoft Flipbook dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mupel IPS kelas IV SDN Sampangan 02 Kota Semarang
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media digital book, kvisoft flipbook, model pembelajaran kontekstual, hasil belajar, pembelajaran IPS. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 03:10 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 03:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55015 |
Actions (login required)
View Item |